Bone Bolango  Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bone Bolango meraih terbaik atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2016 berdasarkan hasil evaluasi aparat pengawas internal pemerintah, yakni Inspektorat Kabupaten Bone Bolango.

Kesepuluh OPD yang meraih terbaik SAKIP tahun 2016 ini, mendapatkan piagam dan plakat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou, disela apel kerja awal pekan di lingkungan Pemkab Bone Bolango, di lapangan futsal kompleks kantor Bupati, Senin (4/12).

Sepuluh OPD terbaik tersebut, yakni terbaik I Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang), terbaik II Dinas Kesehatan (Dikes), terbaik III Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD), terbaik IV Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Dinas Perhubungan (Dishub), terbaik V Inspektorat.

Selanjutnya, terbaik VI Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, terbaik VII Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), terbaik IX Dinas Lingkungan Hidup, dan terbaik X Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap 10 OPD yang telah menyajikan SAKIP-nya yang relatif baik tersebut. Dia pun berharap OPD lain untuk terus memperbaiki kinerjanya. SAKIP atau LAKIP-nya harus ada kesesuaian, mulai dari perencanaan program sampai dengan out come-nya harus jelas semuanya.

”Kalau SAKIP kita sudah seragam, kita bisa dapat kategori BB tahun depan, yakni untuk penilaian tahun 2017 yang akan kita petik pada tahun 2018 mendatang,”kata Hamim Pou.

Menurut Bupati, Bone Bolango sudah tiga tahun berturut-turut mendapatkan nilai LAKIP CC. Kata Hamim, ada OPD-nya yang LAKIP-nya naik luar biasa, tapi ada juga OPD yang tidak mampu mempertahankan nilainya.

“Kalau kita ingin LAKIP-nya BB, maka semua harus kompak, semua harus naik. Ini masih ada kesenjangan, yang lain naik luar biasa, tapi ada juga OPD yang justru turun nilai SAKIP maupun LAKIP-nya,”urai Hamim.
Karena itu, Hamim meminta kepada seluruh OPD untuk terus menaikkan penilaian SAKIP-nya.

”Salah satu target kinerja pemerintah Bone Bolango ini adalah LAKIP atau SAKIP-nya harus BB atau B,” tegasnya.

Sementara itu, Plt. Inspektur Kabupaten Bone Bolango, Fredy H. Ahmad, menjelaskan  bahwa evaluasi LAKIP ini berdasarkan dokumen RPJMD, Restra OPD, RKT OPD, Perjanjian Kinerja, dan Indikator Kinerja Utama (IKU) OPD.

Kemudian cakupan ruang lingkup evaluasi SAKIP yang dievaluasi, diantaranya penilaian terhadap perencanaan strategis termasuk di dalamnya perencanaan kinerja, perjanjian kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, dan capaian kinerja. (Hms/Kadir/Sof)