BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou mengatakan, sebanyak 490 warga di Kecamatan Botupingge yang merupakan pekerja sektor informal mulai tahun ini dilindungi melalui program BPJS Ketenagakerjaan.
Hal ini disampaikan Bupati Hamim Pou pada penyerahan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk 490 warga pekerja sektor informal di Kecamatan Botupingge yang diserahkan secara langsung Ketua TP. PKK Kabupaten Bonebol Lolly Hamim Pou, disela peresmian Pasar Sore Botupingge, di Desa Tanah Putih Kecamatan Botupingge, Sabtu (13/10).
Bupati Hamim Pou mengatakan, kartu BPJS Ketenagakerjaan ini gunanya untuk melindungi ketenangan, keamanan, dan kenyaman bapak dan ibu pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan selama bekerja bahkan tidak bekerja pun selama 24 jam.
“Jadi yang dapat kartu BPJS Ketenagakerjaan ini, saya prioritaskan adalah pekerja-pekerja sektor informal. Seperti penambang pasir, tukang tegel, tukang kayu, tukang batu, asisten rumah tangga, pemanjat kelapa, pengemudi bentor, pedagang, petani, peternak. Itu semua di lindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,”papar Hamim Pou.
Hamim mengungkapkan, program kartu BPJS Ketenagakerjaan merupakan kerjasama antara Pemkab Bonebol dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo.”Dananya dari Pemkab Bonebol melalui APBD yang diputuskan melalui kebijakan Bupati,”ungkap dia.
Untuk jaminannya, jelas Bupati, jika peserta maupun pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia karena disebabkan kecelakaan kerja itu sekitar Rp55,8 juta, dan jika meninggal dunia bukan disebabkan oleh kecelakaan kerja maka santunannya sebesar Rp24 juta.
Meski demikian, Bupati mengingkatkan kepada para pemegang kartu BPJS Ketenagakerjaan, agar tetap menjaga keselamatan selama bekerja.”Keselamatan nomor satu. Jangan karena sudah diberikan kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati, kemudian dengan sengaja mencelakakan diri. Tetap utamakan keselamatan,”pesan Hamim.
Bupati pun berjanji tahun depan akan menambah kuota penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan di Kecamatan Botupingge. Dia pun meminta, agar pekerja sektor informal di Botupingge di data kembali. Karena tahun depan akan ditambah 1.000 orang lagi untuk di daftarkan di BPJS Ketenagakerjaan.
Dengan demikian, penerima kartu BPJS Ketenagakerjaan di Kecamatan Botupingge pada tahun 2019 mendatang totalnya menjadi 1.490 orang.”Selama saya jadi Bupati Bonebol, Insya Allah program ini akan terus berlanjut, sehingga warga pekerja sektor informal bisa terlindungi,”pungkas Hamim Pou. (AKP)