BONE BOLANGO - Memperbanyak aktivitas yang sehat dan positif menjadi salah satu kunci menghindari bahaya narkoba. Aktivitas sehat yang dimaksud dapat berupa aktivitas olahraga, seni budaya, keilmiahan dan pengembangan minat dan bakat.
Hal ini diutarakan kepala BNNP Gorontalo Komjen Pol, Oneng Subroto di hadapan 25 siswa dan siswi SMP Negri 1 Kabila dalam gelaran kegiatan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (KIE P4GN), di RM Litiyano Kabila, Selasa (4/4).
Kepala BNNP Gorontalo yang tampil sebagai narasumber pertama kegiatan tersebut ingin agar pengetahuan tentang P4GN dapat tersebar di segala tingkatan, utamanya pelajar.“Adik-adik, kalian merupakan bagian dari masa depan bangsa. Jika hancur karena narkoba, maka akan hancur pula harapan bangsa ke depan,”ujar Oneng Subroto.
Oneng menekankan pengetahuan tentang P4GN harus dititikberatkan pada bahaya dan sikap waspada serta bagaimana penanggulangannya.“Minimal, adik-adik tahu dan berani mengucapkan tidak kepada narkoba. Harus berani, meskipun yang memaksa adik-adik memakai narkoba adalah orang yang disegani semisal kakak kelas atau orang lain yang lebih tua,”tegasnya.
Untuk itu, lanjut Oneng, penting bagi para pelajar untuk mencari kegiatan rutin yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan.“Hal ini juga harus dibarengi ketakwaan terhadap Tuhan YME dan sikap cinta pada keluarga, masyarakat, bangsa, dan tanah Air,”tandasnya.
Sementara itu, Kepala BNNK Bone Bolango, Abdul Haris Pakaya, sebagai narasumber kedua mengingatkan para peserta kegiatan untuk fokus mengejar cita-cita. Menurut Haris, cita-cita bagi seorang pelajar dan remaja merupakan hal yang paling pokok. “Kalau remaja sudah kehilangan cita-cita sama dengan kehilangan segala hal yang berharga. Maka gantungkan cita-cita kalian setinggi-tingginya dengan menjauhkan diri narkoba,”pesan Haris.
Pantauan dilokasi, kegiatan tersebut diakhiri dengan para peserta dikukuhkan sebagai relawan anti narkoba di lingkungan SMPN 1 Kabila. Sebagai relawan, mereka bertugas menyebarluaskan infornasi P4GN di lingkungan sekolah.
BNNK Bone Bolango berharap dengan dikukuhkannya 25 orang relawan ini dapat memberikan pengaruh positif dalam menciptakan masyarakat Bone Bolango bebas narkoba. (Hms/Kadir)