Bone Bolango – Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bone Bolango, Taufik Sidiki menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-37 tahun 2017 tingkat Kabupaten Bone Bolango, di lapangan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo, di Desa Moutong Kecamatan Tilongkabila, Rabu (27/12).

Upacara HUT Satpam ke-37 tahun 2017 dengan Inspektur Upacara Wakapolres Bone Bolango Kompol Wawan Andi Susanto itu mengangkat tema “Melalui peningkatan kompetensi kita, wujudkan profesionalisme Satpam dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya”.

Wakapolres Bone Bolango Kompol Wawan Andi Susanto saat membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, mengatakan seiring dengan perkembangan perekonomian nasional jaminan keamanan menjadi suatu hal yang dominan merupakan tantangan harus dijawab, khususnya Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai pengemban amanah undang-undang dalam memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum, melindungi dan melayani masyarakat.

Dikatakannya, peringatan HUT Satuan Pengamanan (Satpam) yang setiap tahun diperingati, tidak sebatas hanya upacara seremonial belaka, tetapi harus dijadikan momentum untuk melakukan introspeksi dan evaluasi terhadap berbagai aspek yang berkaitan dengan eksistensi satuan pengamanan sebagai mitra Polri dalam penyelenggaraan fungsi pengamanan swakarsa.

Hal tersebut sesuai dengan tema "Melalui peningkatan kompotensi kita, wujudkan profesionalisme dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban lingkungan" dimana tema tersebut menunjukan sebuah semangat perubahan yang harus direalisasikan dengan mengedepankan komitmen, kerja sama serta konsistensi dari segenap satuan pengamanan di indonesia serta seluruh stake holder dalam meraih serta pengakuan serta profesionalitas di bidang industrial security.

Kompol Wawan Andi Susanto menambahkan dalam penjelasan UUD yang menyebutkan bahwa bentuk-bentuk pengamanan swakarsa adalah suatu bentuk pengamanan yang di adakan atas kemauan, kesadaran atas kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia, seperti Satpam lingkungan badan usaha di lingkungan jasa pengamanan.

Wawan mengungkapkan ada beberapa hal yang berkaitan dengan keberadaan anggota Satpam, diantaranya Satpam mempunyai peran besar membantu Polri, yakni melaksanakan fungsi kepolisian terbatas, sekarang situasi lingkungan kerja bisa aman karena adanya Satpam.

Selain itu, bahwa saat ini tanggung jawab Satpam sangatlah besar dan banyak diantara menjadi korban kekerasan pelaku kriminalitas ketika sedang melaksanakan tugas.”Saudara-saudara harus bangga walaupun di perusahaan di anggap sebagai bawahan, kalian semua harus penuhi gada pratama kalian orang penting di wilayah ini, saudara harus bangga dengan profesi Satpam,” pungkas Wakapolres Wawan Andi Susanto.

Sementara itu, pantauan di lokasi, upacara peringatan HUT Satpam ke-37 tahun 2017 di Kabupaten Bone Bolango tersebut turut dihadiri Dir Binmas Polda Gtlo Kombespol Sumarno, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Bone Bolango Taufik sidiki, Kasubdit Bin Satpam/Polsus dit Binmas AKBP Iyam Usuri, Kasi Bin Lat Subdit Satpam/Polsus Dit Binmas Kompol Berty Runtukahu.
Selanjutnya, Wakapolres Bone Bolango Kompol Wawan Andi Susanto, para Kabag/Kasat Polres Bone Bolango, para Kapolsek jajaran Polres Bone Bolango, dan Kepsek MAN Insan Cendekia DR. Mohamad Naim.

Usai upacara dilanjutkan dengan peragaan Dril tongkat T Polri dan peragaan beladiri Polri oleh Satpam Bone Bolango serta peragaan Polisi Cilik (Pocil) dari SDN 5 Bulango Selatan, serta kegiatan donor darah di ruang Aula MAN Insan Cendekia. (Hms/Kadir/Sof)