Dari Simposium Nasional Kerja sama Utara Utara

BUOL- Simposium nasional kerja sama Utara Utara bisa menjadi titik tolak upaya jadi lumbung ternak nusantara,Kerja sama 4 Kabupaten di 3 Provinsi ini serius kian fokus dalam pengembangan ternak sapi.
Simposium nasional kerja sama utara-utara yang digelar Senin (16/10) di Kabupaten Buol buktinya, pembahasan soal sapi kian teknis.
Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang juga ketua BKSU Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Bupati Buol Amirudin Rauf serta sekda Bolaang Mongodow Utara pun turut aktif jadi pembicara dalam pengembangan sapi di daerahnya.
Para ahli turut dilibatkan dalam upaya pengembangan sapi. Ada DrH Olan Sebastian MM dari PT. Caturnawa Agratama Nusantara yang bicara secara gamblang kebutuhan sapi di indonesia dan upaya jadikan Sulawesi menjadi lumbung ternak sapi Nusantara. "Itu bisa dilakukan lewat galur baru, revolusi mental dengan ekstensifikasi maupun semi intensifikasi peternak dan menjadikan petenak menjadi pengusaha peternak," ujar Olan.
Olan bahkan mengkalkukasi kesanggupan Sulawesi lewat kerja sama utara utara sanggup untuk memberikan kontribusi 20 persen dari kebutujan daging nasional yang setara dengan 60 ribu ton daging.
Selain itu masih ada para investor, akademisi dari univesitas Tadukako yang memaparkan rancangan pengembangan sapi di Buol serta Mr. Johan Sorbeck dari PUM Netherland dan Mrs. Seeme Muhtar dari Managing Directorr UK Invesment.
Mendengar ragam masukan dari para ahli pun jadi perhatian Bupati Hamim Pou.
"Ini sesuatu yang luar biasa. Ini menjadi penyemangat bagi kami untuk memajukan pengembangan peternakan menjadi indrustri,"ujar Bupati dan mengatakan, program sapi di Bone Bolango terus d matangkan. kita harus cepat berbenah, dan akan menyiapkan 250 ha untuk penghijauan dan pengembangan dan jagunggnya untuk pakan ternak termasuk menyediakan pelatihan untuk meningkatkan SDM. (hms opan)