BONEBOL - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) dibawah kepimpinan Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah tahun 2017.
Perolehan opini WTP kali ini merupakan tahun kelima sejak tahun 2013 hingga tahun 2017. Penghargaan tertinggi dibidang pengelolaan keuangan daerah ini diterima langsung Bupati Bonebol Hamim Pou dan Ketua DPRD Faisal Mohie didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Gorontalo, Senin (28/5).
Penghargaan opini WTP yang diraih Kabupaten Bonebol 5 tahun berturut-turut ini, bukanlah perkara yang mudah. Kerja keras dan komitmen yang dibangun oleh pemerintahan Hamim Pou-Kilat Wartabone membuat kabupaten paling timur di Provinsi Gorontalo ini, berhasil meraih predikat WTP secara berturut-turut sejak tahun 2013, 2014, 2015, 2016, dan 2017.
Saat diwawancarai awak media, Bupati Hamim Pou menyatakan predikat WTP yang kelima ini membuktikan bahwa pengelolaan keuangan di Kabupaten Bonebol, dikelola secara terbuka, transparan, akuntabilitas, dan ada dampaknya bagi masyarakat.
“Pesan penting dari predikat WTP ini adalah bagaimana uang dikelola secara terbuka, transparan, akuntabilitas dan apa dampaknya bagi masyarakat. Selain itu juga mendorong pemerintah daerah bagaimana memaksimalkan anggaran dan berdampak bagi kesejahteraan masyarakat,”kata Hamim.
Dia juga menambahkan, dengan pengelolaan keuangan yang baik akan berdampak pada meningkatnya pelayanan publik, terjadi penurunan angka kemiskinan atau ada perbaikan indeks pembangunan manusia (IPM).
“Kabupaten Bonebol meraih nilai tertinggi dibandingkan dengan 5 kabupaten lainnya di Provinsi Gorontalo untuk Indeks Pembangunan Manusia, begitu juga dengan angka kemiskinan terendah dan pelayanan publik yang makin baik,”tutup Hamim Pou. (Hms/Afik-Kadir)