BONEBOL - Jika lukisan dianggap menggambarkan sejuta kata, maka bunga dianggap dapat memberikan sejuta makna. Bagaimana dengan bunga tahi ayam (tagetes), tanaman dengan bentuk indah namun punya aroma khas.
Di Kecamatan Bulango Timur, tanaman ini mulai dikembangkan, karena memiliki multi manfaat, salah satunya sebagai penanggulangan hama pertanian pengganti pestisida.
Bunga tahi ayam atau dalam bahasa ilmiah Tagetes merupakan salah satu tamanan refugia yang multi manfaat.Tanaman refugia kini kian eksis di dunia pertanian, dan kini jenis tanaman ini telah dikembangkan di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Bulango Timur.
Saat tanam padi bersama di Desa Bulotalangi Kecamatan Bulango Timur, Selasa (6/2), Bupati Bone Bolango (Bonebol) bersama Kepala BPP Bulango Timur Suwandi Said didampingi Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Roswati Agus pun secara simbolik menanam tamanan refugia.
Suwandi menjelaskan, tanaman refugia adalah jenis tanaman hias yang saat ini ada dan sedang mekar kebun percontohan BPP Bulango timur yang dikenal dengan di kepodotcom.
Tanaman ini dipilih karena merupakan salah satu mikrohabitat musuh alami sebagai upaya penangkal adanya serangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman). Selain sebagai mikrohabita musuh alami, pengembangan refugia inipun dimaksudkan sebagai tanaman hias agar kebun percontohan dapat terlihat indah.
Senada dengan Suwandi, Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Bonebol, Roswaty Agus pun mengatakan, Dinas pertanian dan Peternakan terus mensosialisaikan penanaman tanaman refugia untuk penanggulangan hama tanaman.
Pengendalian organisme pengganggu tanaman menurut Roswaty Agus tidak selamanya menggunakan apliasi pestisida, namun secara alami penanggulangan OPT bisa dengan tanaman refugia ini.“Lebih efektif, efisen, ekonomis, serta memberikan dampak baik bagi lingkungan,”ujarnya dan mengatakan ini tentu searah dengan visi daerah sebagai kabupaten konservasi.
Ditambahkan Roswaty Agus, selain bunga tahi ayam ada beberapa jenis tanaman refugia yang dapat dikembangkan seperti bunga matahari, bunga tampak dara bunga tanaman kenikir, bunga kertas dan kacang panjang. (Hms/Afik/Kadir)