Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyatakan selain Sumber Daya Manusia (SDM) para guru di Bone Bolango ini harus terus ditingkatkan. Di saat yang sama juga, pihaknya menghadapi fakta bahwa terjadi disparitas maupun kesenjangan guru di Bone Bolango.

Menurutnya, ada kecamatan maupun sekolah-sekolah di Bone Bolango gurunya berlebih, tapi disisi lain ada juga sekolah-sekolah yang tidak memiliki guru. Itu kita temukan di wilayah kecamatan di Bone Pesisir, di Kecamatan Pinogu, Kecamatan Bulango Ulu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Hamim Pou pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-46 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-72, serta Hari Guru Nasional tahun 2017 tingkat Kabupaten Bone Bolango, di halaman kantor Bupati Bone Bolango, Rabu (29/11).

Kata Bupati, di wilayah Bone Pesisir, Pinogu dan Bulango Ulu, itu sangat merindukan kalangan pendidik. Contohnya, di wilayah Bone Pesisir, ada sekolah yang hanya kepala sekolahnya saja yang Aparatur Sipil Negara (ASN), sisanya adalah tenaga honor maupun tenaga kontrak.

Karena itu, kata Hamim Pou, ini perlu dilakukan langkah-langkah agar kesenjangan atau disparitas antar kawasan dan antar wilayah dalam hal pemenuhan tenaga guru ini harus segera kita tuntaskan. (Hms/Kadir/Sof)