Bone Bolango – Dunia pendidikan di Kabupaten Bone Bolango kembali ketambahan satu fasilitas dan infrastruktur, yang diharapkan akan mendukung perbaikan kualitas pendidikan di daerah ini, yakni lahirnya Unit Sekolah Baru (USB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kabila.

Hal ini disampaikan Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat meresmikan USB SMP Negeri 3 Kabila di Desa Poowo Barat Kecamatan Kabila, Selasa (28/11).
Bupati Hamim Pou dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap pekerjaan pembangunan USB SMP Negeri 3 Kabila tersebut.

Bupati menilai, ini luar biasa pekerjaan sekolahnya, rapi dan bagus sekali sama dengan dengan sekolah-sekolah yang ada di Jakarta. Alhamdulillah pekerjaan sekolahnya bisa selesai dengan baik dan sangat bagus.

Hamim mengakui pada dasarnya rata-rata pembangunan USB yang dikerjakan oleh panitia pembangunan sekolah, hasilnya dua kali lebih baik dibandingkan yang diproyekkan. 

Ini tentu membuktikan bahwa betul-betul pemerintah maupun jajaran pendidikan di Bone Bolango ketika diberi amanah maupun kepercayaan, itu mengeluarkan atau menghasilkan out put yang baik. Makanya setiap tahun kita di Bone Bolango selalu dapat USB dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dengan infrastruktur yang baik ini, kata Hamim Pou, sekarang bagaimana dengan SDM guru maupun tenaga kependidikan. Ini harus berjalan beriringan dan berdampingan antara kualitas infrastruktur yang baik dengan mutu pengelola tenaga kependidikan harus baik pula. Nah ini, akan menjadi tantangan kita di Bone Bolango.

”Kedepan kita ingin bertekad kualitas pendidikan di Bone Bolango harus dua besar di Provinsi Gorontalo,”kata Hamim Pou.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou tak lupa menyampaikan terima kasih kepada panitia pembangunan USB SMP Negeri 3 Kabila yang telah mengerjakan sekolah tersebut dengan rapi, baik dan bagus. 

Terakhir Bupati meminta kepada masyarakat disekitar Desa Poowo dan Poowo Barat, Kelurahan Oluhuta Utara dan Desa Talango Kecamatan Kabila untuk mendukung sepenuhnya sekolah itu. 

Menurut Hamim, bagaimana pun masyarakat faktor penting dalam eksistensi daripada sekolah tersebut. Jadi tidak perlu lagi masyarakat atau orang tua disini harus menyekolahkan anaknya ke SMP Negeri 1 Kabila, apalagi menyekolahkan anak-anaknya di SMP di Kota Gorontalo.

“Kita hidupkan sekolah ini, mudah-mudahan di tahun ajaran tahun depan siswanya bisa naik dua kali lipat,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bone Bolango Marni Nisabu melalui Ketua Panitia Sofyan Nusi menjelaskan pekerjaan USB SMP Negeri 3 Kabila tersebut meliputi, ruang kantor administrasi 1 unit, ruang kelas baru (RKB) 6 lokal, perpustakaan 1 unit, kamar mandi/WC siswa 1 unit, menara air 1 unit.

Ditambah dengan site development, rampa hand railling, pengadaan meubeler/furniture, dan keperjaan pendukung lainnya. ”Biaya pembangunan USB SMP Negeri 3 Kabila ini bersumber dari APBN tahun anggaran 2017 senilai Rp2.415.643.000,”jelasnya.

Pantauan dilokasi peresmian USB SMP Negeri 3 Kabila ini yang dihadiri Kajari Bone Bolango Bambang Dwi Handoko, Pabung 1304 Gorontalo Abubakar, Kadis Dikbud Marni Nisabu, Camat Kabila Udin Kuku, dan Kapolsek Kabila Omizon Eka Putra, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bone Bolango. (Hms/Kadir/Sof)