Bone Bolango – Kedatangan sebanyak 119 jamaah haji yang terdiri dari 117 jamaah haji dan 2 pendamping jamaah haji asal Kabupaten Bone Bolango, disambut langsung oleh Bupati Hamim Pou, di Masjid Al-Mutmainah Kecamatan Bulango Timur, Jum’at (6/10).

Penerimaan jamaah haji Kabupaten Bone Bolango kloter 29 musim haji 1438 hijriah 2017 Miladiah ini, dirangkaikan dengan shalat subuh berjamaah dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Bone Bolango.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, kedatangan 119 jamaah haji tiba kembali ke tanah air harus disyukuri. Berangkat 119 jamaah calon haji, dan pulang kembali dengan selamat dengan jumlah yang sama pula.

"Dengan jumlah jamaah haji di Bone Bolango yang hingga saat ini sudah lebih dari 1.000 orang, ini tentu bisa menjadi pilar dalam memajukan Kabupaten Bone Bolango di berbagai bidang," ujar Bupati Hamim Pou.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou menyentil soal Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD). Menyusul kabar kaburnya kriteria, persyaratan, tata cara dan kuota untuk calon TPHD di Kabuapten Bone Bolango.

Praktis selama 2 tahun terakhir tidak ada perwakilan Bone Bolango dalam TPHD. "Bagaimana sebenarnya proses seleksi TPHD," tanya Bupati Hamim Pou.

Sementara Kepala Bagian Kesra Moh. Iriyanto Datau melalui Kasubag Keagamaan Imran Gaib mengatakan, dua tahun terakhir ini usulan TPHD dari Bone Bolango dibatalkan.

Meski sudah diusulkan jauh hari sebelumnya, namun dari Bagian Biro Pemerintahan Provinsi Gorontalo mengatakan bahwa pendafatarannya sudah ditutup. (Hms/Afik/Sof)