BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou menghadiri Konferensi Jakarta Food Security Summit ke-4 sekaligus penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan produk unggulan desa.
Kegiatan yang dihadiri pengurus Kadin 34 provinsi, 22 perusahaan sebagai mitra pembangunan, 23 provinsi dan 102 kabupaten/kota di Indonesia, salah satunya Kabupaten Bone Bolango tersebut dibuka secara resmi Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla, di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (8/3).
Bupati Bonebol Hamim Pou, mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka menerapkan dan menuju swasembada pangan.”Ingin memajukan pemerataan pembangunannya dan pemberdayaan ekonomi masyarakat,”kata Hamim Pou.
Selain itu, untuk mendorong peningkatan produksi pangan nasional dan mewujudkan komitmen untuk menjadi negara yang mandiri dan berdaulat dalam penyedia pangan sekaligus sebagai pemasok pangan dunia.
Melalui penyelenggaraan kegiatan ini, kata Hamim Pou, diharapkan dapat menampung berbagai masukan dan usulan untuk lebih mempertajam langkah kebijakan bagi seluruh pemangku kepentingan khususnya dalam mengatasi kerawanan pangan. Karena ini dikhawatirkan bisa timbul setiap saat, jika sektor pertanian tidak mendapat prioritas penanganan prima.
“Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan MoU dukungan perusahaan maupun mitra usaha yang fokuskan pada pembangunan dan pemberdayaan masayarakat untuk produk komoditas di daerah,”ujar Hamim Pou. (Hms/Kadir)