BONE BOLANGO - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Ulantha Kecamatan Suwawa Kamis (12/10).

Pembentukan Kampung KB ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden agar manfaat Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dirasakan langsung oleh masyarakat.

Pencanangan Kampung KB Desa Ulantha ini ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Gorontalo Polopalo dan pelepasan balon gas oleh Bupati Hamim Pou, bersama Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Gorontalo Abdullah Kemma, Ketua TP PKK Lolly Hamim Pou, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB-P3A) Bone Bolango Samsia Melu.

Bupati Hamim Pou mengatakan lewat kampung KB, program KB akan bergema dan dapat menjangkau masyarakat.
"Harapannya, seluruh warga desa Ulanta, terutamanya kepada pasangan usia subur semuanya wajib ikut keluarga berencana,"ujar Bupati
dan mengatakan, apalagi di Desa Ulanta ini, sudah dicanangkan sebagai kampung KB. "Maka harus dibuktikan seluruh pasang usia subur yang berada di desa ulanta harus menjadi peserta KB aktif,"ujar Bupati.

Bupati pun menyentil soal tentang vasektomi. Bagi kaum bapak yang ingin mengikuti program vasektomi saya akan berikan bonus sekitar 2 Juta rupiah per orang.
Menurut Hamim, betapa pentingnya merencanakan sebuah keluarga. "Karena itu dengan kita mengikuti program KB, maka ini akan meningkatkan kualitas keluarga. Ikut program KB itu bagus,”tandasnya. (Humas opan/Sof).