Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menghadiri acara pisah sambut Direktur RSUD Toto Kabila, dari dr. Tonie Doda, Sp.OG kepada Direktur baru dr. Serly Daud, M.Kes, bertempat di RM. Meranti Indah di Kecamatan Tilongkabila, Kamis (4/1).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Direktur RSUD Toto Kabila yang lama dr. Tonie Doda, Sp.OG atas segala dedikasi dan pengabdiannya selama memimpin rumah sakit tersebut.

Menurut Hamim, banyak hal yang sudah dicapai dalam masa kepemimpinan Tonie Doda menjadi Direktur RSUD Toto Kabila. Salah satu capaian tersebut adalah PAD yang sebelumnya hanya berkisar Rp2 miliar lebih, kini PAD RSUD Toto Kabila sudah mencapai Rp40 miliar lebih. “Ini tentu capaian yang signifikan dan luar biasa,” ujarnya.

Olehnya itu, ungkap Hamim Pou, menjadi tantangan bagi pemimpin maupun Direktur yang baru RSUD Toto Kabila, dr. Serly Daud, M.Kes untuk bisa lebih baik dari Direktur sebelumnya.”Jadi kinerja dan capaian direktur baru harus lebih baik dari direktur sebelumnya,”ungkapnya.

Hamim menambahkan selama 7 tahun dr. Tonie Doda, Sp.OG memimpin RSUD Toto Kabila, itu tidaklah mudah. Ini rumah sakit sebuah institusi yang urgen terkait dengan banyak hal.

Ada alat, ada logistik, ada obat, ada orang, ada pasien, ada keluarga pasien, ada uang, dan yang paling penting adalah keselamatan, nyawa, kehidupan, nasib orang di luar takdir, itu ditentukan oleh manajemen rumah sakit secara keseluruhan dan dokter adalah ujung tombaknya.

”Tentu dibelakangnya ada banyak orang yang terlibat dalam menyelamatkan dan memberikan kesembuhan, kesehatan pada seseorang maupun pasien rumah sakit,”ujarnya.

Karena itu, Bupati menegaskan dan mengingatkan kembali bahwa organisasi rumah sakit itu adalah institusi yang rumit dan tidak mudah. Makanya menjadi pemimpin rumah sakit itu berat. Karena semua menyerahkan nasibnya, hidupnya, keselamatannya, masa depannya itu dirumah sakit.

Untuk itu, Bupati menegaskan dan meminta kepada seluruh tim di RSUD Toto Kabila harus kompak dan harus bersatu.”Satu dirijennya, yakni direktur. Semua harus bersatu bekerja keras untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan di rumah sakit. Hal-hal yang bagus, terutama pelayanan yang baik kepada pasien itu harus ditampakkan di rumah sakit ini,”tegas Hamim.

Disisi lain, Bupati Hamim merasa bangga dan gembira, bahwa sesuai hasil survei yang di release oleh lembaga survei Gorontalo Barometer pada akhir tahun 2017, menunjukan bahwa tingkat kepuasan masyarakat atas layanan RSUD Toto Kabila menduduki peringkat kedua.

“Alhamdulillah dengan segala macam keterbatasannya, tapi survei membuktikan bahwa masyarakat puas pada layanan RSUD Toto Kabila dan ini membanggakan, menggembikan dan membuat kita semangat,” ucap Bupati Hamim Pou yang disambut tepuk tangan jajaran tenaga kesehatan di RSUD Toto Kabila.

Acara pisah sambut Direktur RSUD Toto Kabila, turut dihadiri Ketua DPRD Faisal Mohie, Sekda Ishak Ntoma, Wakil Ketua TP.PKK Ulfa Mohamad Kilat Wartabone, Asisten I Taufik Sidiki, Asisten III Syarifudin Uloli, sejumlah pimpinan OPD, dan jajaran tenaga kesehatan RSUD Toto Kabila. (Hms/Kadir/ask)