Rumah Tangga Miskin Diberi Dua Ekor Sapi


Bone Bolango - Bupati Bone Bolango (Bola) Hamim Pou terus gelontorkan program pro rakyat untuk menekan angka kemiskinan. Salah satu program tersebut adalah dengan memberikan ternak sapi bagi setiap rumah tangga miskin (RTM) di Bone Bolango.

Seperti yang dilakukan Bupati Hamim Pou di Desa Tilongabula Kecamatan Suwawa Timur, Rabu (11/10).

Sebanyak 180 bibit sapi bentina dibagikan untuk 90 RTM. Program bantuan sapi merupakan, program utama Pemerintah Bone Bolango dalam rangka menurunkan angka kemiskinan. Harapannya, dalam 2 tahun, keluarga penerima sapi bantuan ini bisa menjadi keluarga mandiri hingga keluar dari rumah tangga miskin.

Dimana kata Bupati formulasi bantuan sapi saat ini beda. Penerima bantuan harus tepat sasaran. Setiap rumah tangga miskin mendapatkan 2 ekor sapi, tapi setiap penerimanya, harus punya tekad kuat,
bersemangat, dan bermotivasi diri.
“Selambat–lambatnya dua tahun kemudian sudah menjadi keluarga–keluarga mandiri supaya kita tidak lagi termasuk rumah tangga miskin lagi,”ujarnya

Dalam kesempatan itu pula, Bupati pun menyentil soal bantuan maupun anggaran desa yang lebih kepada pemberdayaan masyarakat. Kepada para camat atau kepala desa bukan hanya bantuan sapi juga yang berada di desa, melainkan harus ada bantuan ayam ternak, jumlah yang diberikan pun harus banyak.

Evaluasi penerima bantuan pun jadi perhatian khusus Bupati, "saya menghimbau kepada Camat atau kepala Desa untuk tetap meninjau masyarakat yang sudah diberikan bantuan jangan sampai masih termasuk rumah tangga miskin, karena tugas kita sabagai aparat tetap selalu mendampingi masyarakat yang telah diberikan bantuan supaya mereka tidak termasuk lagi kepada rumah tangga miskin,” tandasnya.(Hms/Opan/Sof)