Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyerahkan secara simbolis bantuan ternak sapi Bali bibit betina untuk masyarakat di Kecamatan Pinogu, Jumat (27/10).

Bupati Hamim Pou kepada masyarakat penerima bantuan sapi mengatakan bahwa program bantuan sapi ini akan terus di programkan hingga tahun 2020 mendatang.”Jadi kita akan membeli sapi dan akan dibagikan kepada masyarakat, khususnya Rumah Tangga Miskin (RTM),”katanya.

Ia berharap Kecamatan Pinogu menjadi sentral produsen utama sapi di Bone Bolango. Bahkan lebih bagus lagi produsen sapi organik.

Untuk itu, Hamim meminta kepada penerima untuk mengembangbiakan bantuan sapi tersebut. Sebab tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun mendatang akan ada kebijakan setiap RTM menerima empat ekor sapi.“Untuk para penerima bantuan sapi ini ada beberapa syarat, yakni harus dirawat, diberi makan, dan juga dikandangkan,”ujarnya.

Hamim menambahkan persoalan pengembangan peternakan sapi sampai industri ini merupakan salah satu fokus dari Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU) dimana di dalamnya ada empat kabupaten, yakni Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, Kabupaten Boul Provinsi Sulawesi Tengah, dan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami di BKSU punya target 5-7 tahun mendatang bisa menghasilkan lebih kurang populasi sapi bisa mencapai 1 juta ekor. Maka dari itu, salah satu fokus saya adalah di Pinogu, karena paling cocok untuk pengembangbiakan dari sapi itu sendiri,”ujar Hamim Pou yang juga Ketua BKSU ini.

"Bagi penerima bantuan sapi tersebut, agar bisa berusaha dalam dua tahun mendatang menjadi keluarga mandiri.”Artinya sudah bisa berdiri diatas kaki sendiri dan tidak lagi mengharapkan bantuan dari pemerintah,”ungkapnya.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus menjelaskan bahwa bantuan ternak sapi Bali bibit betina merupakan program pemerintah Kabupaten Bone Bolango tahun 2017.

Untuk Kecamatan Pinogu pada tahun 2017 ini mendapat alokasi bantuan sapi 40 ekor, terbagi di dua desa, yakni Desa Pinogu Permai dan Desa Tilonggibila. Masing-masing desa menerima 20 ekor yang dibagi pada setiap kepala keluarga RTM 2 ekor.

”Jadi Alhamdulillah Kecamatan Pinogu mendapat bantuan pada tahun 2017 sebanyak 20 KK dari masyarakat yang terdaftar di dalam RTM,”jelasnya.
Roswaty menambahkan bahwa bantuan sapi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bone Bolango, terutama kepada mereka yang berhak menerima adalah merupakan program dan janji-janji Bupati yang mulai direalisasikan.

“Untuk penyebaran bantuan sapi di Kecamatan Pinogu merupakan penyebaran terakhir di tahun 2017. Jadi dari 1.960 ekor sapi untuk program bantuan di tahun 2017, yang terakhir Kecamatan Pinogu,”tutupnya. (Humas/Kadir/Sofyan)