Bone Bolango – Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bone Bolango diminta untuk terus dan bersungguh-sungguh menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal ini disampaikan Bupati Bone Bolango Hamim Pou saat memimpin rapat pimpinan (Rapim) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) triwulan III tahun 2017, bertempat di ruang rapat Bupati, Senin (9/10).

Kata Bupati, selalu kita ini belanja uang dan uang. Nah, sekarang kita bagaimana mencari uang dari mana kita bisa mengisi dan mendapatkan PAD kita yang masih relatif rendah.

Menurut Bupati, peningkatan transfer ke kabupaten tiap tahun naik. Dulu Bone Bolango pernah punya kapasitas fiskal sedang yakni 7,5 persen. ”PAD kita pernah berkontribusi membentuk APBD sekitar 7,5 persen, tapi sekarang turun sehingga kapasitas fiskal kita rendah,” ujar Hamim Pou.

Hamim melanjutkan, tentu tidak mudah mengejar kenaikan transfer ke daerah tersebut. Karena itu, dia meminta kepada seluruh OPD untuk bersungguh-sungguh menggenjot PAD. Bupati mencontohkan, misalnya di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif harus lebih serius menggenjot PAD di bidang kepariwisataan maupun di obyek-obyek wisata.

Demikian juga di Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPD) harus terus menggenjot PAD-nya, tentu harus memaksimalkan penagihan-penagihan yang menjadi kewenangan bidang pendapatan.

Kita harus serius dan kreatif mencari dan menggali sumber-sumber PAD supaya dari tahun ke tahun PAD di Bone Bolango terus naik. “Terkait dengan PAD ini saya minta perhatian serius dari seluruh OPD untuk terus menggarap dan menggenjotnya dengan 

sungguh-sungguh,” pungkas Bupati Hamim Pou. (Hms/Kadir/Sof)