BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou resmi melantik Sahrun Yasin, SE.I sebagai Kepala Desa terpilih Desa Lonuo Kecamatan Tilongkabila periode 2018-2024, di halaman Masjid Al-Mujahidin Desa Lonuo, Selasa (6/2).
Bupati Bonebol Hamim Pou pada kesempatan itu, mengatakan bahwa tugas kepala desa itu berat dan tidak mudah. Tugas Kepala Desa sama dengan kepala daerah (Bupati) dan tidak mengenal jam dinas, yakni 24 jam.
“Bupati dan Kepala Desa tidak sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni masuk kantor jam 08.00 dan pulang kantor jam 16.30. Bahkan masuk atau tidak, tetap tiap bulan ASN terima gaji dan tidak ada yang dipotong,”ujar Hamim Pou.
Olehnya itu, lanjut Hamim Pou, jadi pemimpin yang dipilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat, maka tugasnya 24 jam atau sehari penuh. Bukan separuh waktu, apalagi sewaktu-waktu. Ini yang perlu disadari oleh para pemimpin hasil pemilihan secara langsung.”Jadi legitimasinya kuat karena rakyat yang memberi tiket supaya kita menjadi kepala desa,”jelas Hamim.
Bupati pun menitipkan kepada Kepala Desa Lonuo yang baru dilantiknya itu, agar masalah-masalah maupun dinamika di desa harus diselesaikan di desa. Menurutnya, apa yang menjadi kewenangan kepala desa itu dimaksimalkan. Tupoksi Kepala Desa itu harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.
Janganlah semua persoalan di desa dibawa ke Camat dan ke Bupati. Lalu apa gunanya Kepala Desa. Kepala Desa itu merupakan wakil dari Bupati di desanya, yakni memimpin pemerintahan, penyelenggaraan pembangunan, dan kemasyarakatan.
Masalah-masalah warga bertengkar, persoalan tanah, orang mabuk. Itu Kepala Desa harus mengambil peran. Belum apa-apa warga diperintahkan datang ke kantor Polisi.”Saya minta dahulukan dan utamakan musyarawah untuk menyelesaikan masalah-masalah maupun persoalan yang ada di desa,”tegas Hamim Pou.
Diakhir penyampaiannya, Hamim, meminta kepada Kepala Desa Lonuo terpilih dan sudah resmi dilantiknya itu agar tidak menaruh dendam kepada warga atau rakyat yang tidak memilihnya. Semua harus move on dan menyatu kembali.
“Pak Kepala Desa, rangkul semua masyarakat. Anda bukan Kepala Desa untuk pemilih anda, tapi untuk semua rakyat. Tidak boleh lagi ada blok-blok. Bekerjalah sungguh-sungguh melayani rakyat dan loyal pada atasan,”pesan Hamim Pou.
Kepada masyarakat, aparat desa, BPD, LPM, Bupati Hamim Pou juga agar membantu Kepala Desa terpilih Desa Lonuo itu, terutama dalam rangka memperbaiki Desa Lonuo kearah yang lebih baik dan lebih maju lagi.”Selamat bekerja. Semoga sukses dalam memajukan Desa Lonuo ini,”pungkas Hamim Pou.
Pantauan di lokasi, pelantikan Kepala Desa Lonuo terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak tanggal 20 Desember 2017 itu, turut dihadiri Ketua TP.PKK Lolly Hamim Pou yang juga anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Asisten I Taufik Sidiki, anggota DPRD Bonebol Yusuf Kune dan Umar Ibrahim, Kepala DPMD Suleman Panigoro, Kabag Tapem Nikson Gubali, Kabag Humas Protokoler Rizal Djunaid, Camat Tilongkabila Marten Hunawa, Danramil Kabila-Suwawa, dan kepala desa se Kecamatan Tilongkabila, serta masyarakat setempat. (Hms/Kadir)