BONE BOLANGO – Camat Bone, Kabupaten Bone Bolango Yasni Hadju punya inovasi dan cara baru dalam memajukan wilayahnya, terutama dari segi kebersihan lingkungan. Salah satunya menerapkan sistem maupun arisan gotong royong untuk membersihkan lingkungan setiap seminggu sekali di seluruh desa di wilayahnya. Seperti namanya, arisan ini bergilir dari satu desa ke desa lain yang ada di wilayah Kecamatan Bone.
Camat Bone Yasni Hadju mengatakan secara teknis terobosan maupun inovasi ini sama dengan arisan pada umumnya. Arisan ini bertujuan mengumpulkan seluruh aparat desa se Kecamatan Bone untuk berkumpul di satu desa, dan nantinya akan bekerja membersihkan lingkungan di satu desa yang dituju, terutama membersihkan tempat ibadah, lingkungan kantor desa, hingga melakukan pekerjaan lainnya. Seperti melakukan pemagaran dan pengecatan pagar-pagar rumah dari keluarga yang tidak mampu atau Rumah Tangga Miskin (RTM).
“Seluruh aparat desa di 14 desa di Kecamatan Bone, itu seminggu sekali atau pada hari Minggu digilir di satu desa. Jadi yang dimaksud dengan arisan gotong royong, seluruh aparat di empat belas desa di wilayah Kecamatan Bone, itu akan fokus gotong royong di satu desa yang mendapat giliran,"jelas Yasni Hadju, Selasa (4/4).
Terobosan yang sudah di musyawarahkan dengan seluruh Kades se Kecamatan Bone ini, kata Yasni Hadju, Alhamdulillah mendapat apresiasi tidak hanya dari aparat desa, tapi juga dari seluruh warga desa yang mendapat giliran arisan gotong royong tersebut.
“Program ini saya laksanakan di Kecamatan Bone, demi untuk menumbuhkembangkan kerjasama antar desa, terlebih memotivasi seluruh aparat desa dan juga masyarakat setempat agar menghidupkan kembali budaya gotong royong yang akhir-akhir ini mulai hilang di masyarakat,”ujarnya.
Setiap hari Minggu, ungkap Yasni Hadju, itu sudah di jadwalkan untuk satu desa di keroyok oleh seluruh desa di Kecamatan Bone. Seluruh aparat desa, mulai dari Kades, Ketua TP.PKK Desa, Kaur, Kadus, dan dasawisma itu turun langsung ke desa yang mendapat giliran.”Mereka berkumpul di satu desa dan sudah dibagi titik-titik yang dibersihkan, utamanya tempat ibadah, lingkungan kantor desa,”ungkapnya.
Tidak hanya itu, seluruh aparat desa juga melakukan pemagaran sekaligus pengecatan pagar rumah-rumah warga yang masuk dalam keluarga miskin atau RTM. Hal ini dilakukan untuk membantu RTM tersebut karena ketidakmampuan mereka dalam membeli pagar maupun mengecat pagar rumah mereka.
Namun sebelum turun melakukan gotong royong di satu desa, tambah Yasni Hadju, Kades yang mendapat arisan gotong royong sebelumnya sudah mendata lokasi-lokasi mana yang dibersihkan, termasuk mendata rumah-rumah warga RTM yang belum memiliki pagar dan belum di cat. Sehingga ketika seluruh aparat desa turun melakukan gotong royong itu sudah mempersiapkan berbagai peralatan maupun bahan yang dibutuhkan, supaya langsung action di lapangan.
Diharapkan program yang sudah dilaksanakan dan berjalan sejak beberapa bulan kemarin itu secara bertahap bisa membuat kebersihan lingkungan dan penataan di Kecamatan Bone semakin meningkat bukan hanya di pusat kecamatan, namun juga hingga ke pelosok desa. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)