BONEBOL – Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh memberikan pujian kepada pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), terutama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat, karena telah mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama dalam kecepatan penerbitan dokumen kependudukan.
Prof. Zudan yang juga mantan Penjabat Gubernur Gorontalo itu, mengatakan bahwa Dinas Dukcapil Kabupaten Bone Bolango menjadi contoh bagi Disdukcapil kabupatan/kota se- Indonesia.
Menurutnya, Dinas Dukcapil Bone Bolango menjadi terdepan dalam layanan online cetak langsung ditempat dan dimana saja dengan system yang terintegrasi tercepat penerbitan dokumen kependudukan hanya dalam waktu 5 menit selesai.
“Terobosan ini baru pertama kali saya temui dan jumpai di Indonesia. Hanya butuh waktu 5 menit penertiban dokumen kependudukan selesai”kata Prof. Zudan pada pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tahun 2018, di Harmoni One Hotel & Convention Centre, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (8/2).
Penyampaikan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh ini pun disambut baik dan penuh syukur oleh Bupati Bonebol Hamim Pou. Dalam group WhatsAap (WA) Pelayan Bonebol (group Pemkab Bonebol) Bupati Hamim Pou mengatakan Alhamdulillah..keren.
“Kecepatan pembuatan akta lahir selalu saya jadikan contoh baik. Kalimat tersebut adalah jawaban Dirjen Dukcapil Prof. Zudan. Saya barusan WA dengan beliau,”ujar Bupati Hamim Pou dalam group Pelayan Bonebol tersebut.
Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Bonebol melalui Kabid Pengelolaan Informasi Adminstrasi Kependudukan, Budiyanto Sahabu yang saat ini mengikuti Rakornas Dukcapil tersebut, mengatakan Rakornas Dukcapil kali ini mengangkat tema “Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) Menuju Sukses Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019”.
Budiyanto menambahkan dalam sambutan dan arahannya Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh kepada seluruh jajaran Dinas Dukcapil se-Indonesia dengan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (#GISA) agar lebih meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat.
Prof. Zudan pada kesempatan itu, kata Budiyanto mendorong seluruh Dinas Dukcapil untuk terus berinovasi dalam rangka membahagiakan masyarakat, terlebih menghadapi Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019. Layanan yang diberikan seperti layanan 3 ini 1, 4 in 1, semedi/sehari.
”Jadi 30 menit dan tempo waktu harus lebih cepat, contoh saja seperti Kabupaten Bone Bolango penerbitan akta kelahiran hanya dengan waktu 5 menit selesai dan ini adalah waktu tercepat yang pernah saya temui,”ujar Prof. Zudan dihadapan para Kepala Dinas Dukcapil se-Indonesia.
Diakhir penyampaiannya, Budiyanto mengungkapkan bahwa Rakornas Dukcapil se-Indonesia tahun 2018 di Kota Batam tersebut, dibuka secara langsung Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo. (Hms/Kadir)