BONEBOL – Guna memastikan kualitas produk-produk pangan dari hewan, khususnya daging sapi dan ayam yang layak dan aman dikonsumsi. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango (DPP Bonebol) melakukan pemeriksaan daging sapi dan ayam yang diperjual belikan di Pasar Rakyat Kamis Talumopatu Kecamatan Tapa, Kamis (24/5).
Kepala DPP Bonebol, Roswaty Agus mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan selain untuk memastikan bahwa daging sapi dan ayam yang dijual di pasaran layak dan aman untuk dikonsumsi, juga dalam rangka menjaga dan menjamin kualitas daging yang aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).
Roswaty mengungkapkan, DPP Bonebol melalui Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet), bersama dokter hewan, itu secara intens melaksanakan tugas dan fungsinya untuk memeriksa hasil produk pangan dari ternak, baik daging sapi maupun daging ayam yang diperjual belikan di pasaran.
“Alhamdulillah dari hasil pemantauan dan pemeriksaan secara fisiologi, semua daging yang diperjual belikan di Pasar Kamis Talumopatu Kecamatan Tapa, itu dalam kondisi segar dan aman untuk dikonsumsi,”kata Roswaty Agus dan menambahkan DPP Bonebol akan terus meningkatkan pengawasan terhadap produk pangan asal hewan ini sampai Hari Raya Idul Fitri mendatang.
Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Alwin Karim menambahkan, terkait dengan harga daging sapi dan ayam di pasaran hingga saat ini masih dalam kondisi normal.
Dia mengatakan, sudah tiga hari ini DPP Bonebol melakukan pemeriksaan sekaligus pemantauan harga di pasaran, mulai dari Pasar Selasa Oluhuta Utara Kecamatan Kabila, Pasar Rabu Bube Baru Kecamatan Suwawa, dan Pasar Kamis Talumopatu Kecamatan Tapa.
”Rata-rata harga daging masih dalam kondisi normal, berkisar dari harga Rp110-120 ribu/kg untuk daging sapi, dan untuk harga daging ayam berkisar Rp25-26 ribu/kg,”jelas Alwin Karim.
Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi, pemeriksaan daging sapi dan ayam sekaligus pemantauan harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Kamis Talumopatu Kecamatan Tapa ini, melibatkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Bonebol, diantaranya DPP Bonebol, Dinas Perindagkum, Dinas Satpol PP, dan Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Bonebol. (Hms/Kadir)