Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan luar biasa, untuk pertama kalinya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2018 bisa menyentuh maupun menebus angka 1 triliun lebih atau sebesar Rp1.014.921.678.946.

Hal ini disampaikan Bupati Hamim Pou pada rapat paripurna persetujuan bersama Rencana Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (Ranperda APBD) Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2018 untuk menjadi Peraturan Daerah, di Gedung DPRD Bone Bolango, Kamis (30/11).

Hamim pun bersyukur dari proporsi APBD yang mencapai 1 triliun lebih dengan beban aparatur yang luar biasa, yakni Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hampir 5 ribu orang dan tenaga honor dan kontrak mencapai 2 ribu orang, tapi eksekutif dan legislatif masih bisa sepakat bahwa APBD 2018 sangat-sangat pro rakyat. Dimana 65 persen APBD 2018 untuk rakyat dan sisanya 35 persen untuk belanja aparatur.

Meski demikian, Hamim memiliki catatan kecil terhadap pencapaian APBD Bone Bolango tahun anggaran 2018 mendatang tersebut. Dikatakannya, kita sangat progresif mengambil dan mencari sumber-sumber pendanaan dari luar, tapi kita masih sangat rapuh dalam menggenjot potensi-potensi di dalam daerah.

Dia menyebutkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bone Bolango masih relatif sangat rendah. “PAD kita hanya Rp80 miliar, itu tidak berimbang dan tidak lari beriringan dengan kemampuan kita memasukan anggaran dari luar, terutama dari APBN,” ujarnya.

Hamim mencontohkan, salah satu kemampuan kita dalam memasukkan anggaran dari luar yakni dari APBN, bagaimana kita pada tahun anggaran 2018 jika selama ini anggaran untuk irigasi kita dari Dana Alokasi Khusus (DAK) hanya berkisar Rp4-5 miliar, maka untuk tahun depan 2018 anggaran untuk irigasi kita di Bone Bolango itu mencapai hampir Rp50 miliar. (Hms/Kadir/Sof)