Bonebol – Bupati Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, Hamim Pou berpesan kepada seluruh pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kabila yang sebentar lagi akan lulus SMP agar tetap melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, yakni di SMA.

Hal ini disampaikan Bupati Bonebol Hamim Pou pada acara perpisahan kelas IX SMP Negeri 1 Kabila yang dirangkaikan dengan perpisahan guru yang purna bhakti, pindah tugas, dan pentas seni akhir tahun pelajaran 2017/2018, di halaman SMP Negeri 1 Kabila, Selasa (15/5).

“Saya titip kepada adik-adik yang akan lulus nanti setelah pengumuman pada tanggal 23 Mei 2018, dan kita doakan semuanya lulus. Jangan pernah berhenti untuk sekolah. Betapa pun sulitnya, kita harus sekolah dan berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan berkualitas,”pesan Hamim.

Semoga kalian sukses di sekolah jenjang berikutnya, baik di SMA maupun di SMK. Kalian harus bertekad  melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, harus kuliah. Tidak boleh hanya sampai di SMA, harus menuntaskan sampai ke perguruan tinggi. Jadi jangan hanya menyerah sampai di SMP atau SMA, harus kuliah sampai S1.

Dia juga berpesan pada saat pengumuman nanti, tidak ada siswa-siswi sekolah tersebut yang melakukan aksi coret-coretan di pakaian. Apalagi saat itu, kita sedang melakukan ibadah puasa Ramadhan 1439 H.”Jadi tidak perlu nulis-nulis atau coret-coret di baju kita,”pesan Bupati Hamim Pou.

Kepada orang tua siswa, Hamim menitipkan agar anak-anaknya diberikan dorongan dan motivasi untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMA. Anak-anak kita jangan hanya sampai di SMP. Harus didorong untuk melanjutkan ke SMA/SMK atau MA terbaik hingga sampai kuliah nanti.”Antar mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,”titip Hamim.

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 1 Kabila, Sri Wirtawati Katili, menjelaskan bahwa jumlah siswa SMP Negeri 1 Kabila yang telah mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 278 peserta didik.

”Insya Allah pada tanggal 23 Mei 2018 pengumuman kelulusan, Insya Allah mereka semua bisa lulus dengan predikat terbaik,”jelas Wirtawati Katili.

Dia menambahkan, diantara 278 peserta didik tersebut, dua diantaranya sudah lulus seleksi di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC). Satu di MAN IC Gorontalo dan satunya lagi di MAN IC Palu, serta satu siswa lainnya lulus cadangan.”Jadi inilah kebanggaan kami setiap tahun ada 1-2 siswa SMP Negeri 1 Kabila yang bisa lulus MAN IC,” katanya.

Disisi lain, terkait dengan perpisahan guru yang purna bhakti, ada dua orang guru SMP Negeri 1 Kabila yang purna bhakti. 

Salah satunya guru yang sudah purna bhakti satu tahun lalu dan masih bersedia untuk mengabdikan dirinya di sekolah tersebut menjadi guru honor seni budaya yang banyak membimbing anak-anak dan mengantarkan prestasi SMP Negeri 1 Kabila hingga ketingkat nasional. (Hms/Kadir/Sofyan)