BONEBOL – Bupati Bone Bolango Hamim Pou memberikan apresiasinya terhadap berbagai produk layanan Bank Sulut Gorontalo (BSG) berbasis digital maupun elektronik.
Menurut Bupati, betapa teknologi keuangan saat ini luar biasa pesatnya. Bank Sulutgo sendiri, telah berupaya memperbaiki produk-produk layanannya dengan menerapkan transaksi keuangan berbasis digital maupun elektronik.
”Ini tentu sungguh luar biasa. Bahkan isi dompet kita sekarang semuanya diisi dengan uang elektronik dalam kartu debet, kartu debit. Cukup satu chip dan satu kartu,”kata Bupati Hamim Pou, saat memberikan sambutan pada peresmian pemanfaatan gedung kantor baru Bank Sulutgo Cabang Suwawa, Senin (15/10).
Sebelumnya, Direktur Utama PT. Bank Sulutgo Jeffry A.M Dendeng mengatakan, saat ini Bank Sulut Gorontalo (BSG) sudah berupaya untuk memperbaiki produk-produk yang ada di bank tersebut, diantaranya, produk layanan BSG Samsat, yaitu pembayaran pajak kenderaan bermotor secara online.
Kemudian BSG PBB, yakni pembayaran pajak bumi dan bangunan secara online melalui seluruh jaringan kantor dan ATM Bank Sulutgo. Disamping itu, BSG SMS yaitu layanan pembayaran dan pembelian dengan berbasis SMS, seperti pengisian pulsa handphone, pulsa listrik, transfer antar bank, top up saldo layanan online, gojek dan lain sebagainya.
Tidak hanya itu, lanjut Jeffry A.M Dendeng, Bank Sulutgo juga dalam waktu dekat ini akan melaunching BSG CMS (Cash Management System), yaitu layanan pengelolaan keuangan daerah yang mendukung gerakan non tunai dari pemerintah pusat.
Selain itu, pada bulan November maupun Desember 2018 mendatang, setelah Bank Sulutgo mendapatkan izin dari Bank Indonesia, kita akan launching produk layanan Bank Sulutgo terbaru, yakni BSG Debit.
Dengan akan dilaunchingnya BSG Debit, maka kartu ATM yang selama ini kita gunakan untuk tarik tunai, itu sudah bisa digunakan untuk berbelanja di toko-toko dimana kita berada.“Mudah-mudahan izin dari Bank Indonesia segera diberikan kepada kami untuk menerapkan BSM Debit di seluruh Indonesia. Tidak hanya bisa digunakan di edisi Bank Sulutgo, tetapi bisa digunakan di edisi-edisi bank-bank lain,”urai Jeffry.
Lebih lanjut, dia mengungkapkan, dalam rangka menunjang program pemerintah, yaitu gerbang pembayaran nasional, BSG juga sudah mengeluarkan BSG kartu ATM yang baru yaitu dengan menggunakan gerbang pembayaran nasional atau dengan logo GPN.”Kita juga akan saat ini sedang mengembangkan yang namanya BSG e-Money, yaitu layanan uang elektronik untuk kemudahan di dalam kita melakukan transaksi,”terangnya.
Oleh karena itu, Jeffry berharap Kantor Bank Sulutgo Cabang Suwawa untuk terus mempromosikan produk-produk BSG Digital tersebut, yang nantinya pada saat diluncurkan kepada masyarakat di Kabupaten Bonebol.
”Kita berharap Kantor Bank Sulutgo Cabang Suwawa bisa berperan besar di dalam memberikan penjelasan-penjelasan kepada masyarakat agar lebih memahami penggunaan-penggunaan transaksi secara online dan secara digital,”pungkasnya. (AKP)