Bone Bolango - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menghadiri upacara dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) TNI ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo, dengan Inspektur Upacara (Irup) Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, yang digelar di GOR David Toni, di Kabupaten Gorontalo, Kamis (5/10).

Upacara peringatan HUT TNI yang diikuti kurang lebih 1.500 peserta itu mengangkat tema “Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat Berkepribadian Adil dan Makmur”.

Masyarakat pun begitu antusias dalam menyaksikan upacara dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-72 tahun 2017 tingkat Provinsi Gorontalo, yang diharapkan dapat mempererat hubungan harmonis antara TNI dan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat.

Sementara itu, rangkaian acara di HUT TNI ke-72 tingkat Provinsi Gorontalo dimeriahkan dengan pertunjukan beladiri/yongmodo dan pameran alutsista, tujuannya adalah ingin menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang besar dan mempunyai angkatan darat, udara dan laut yang kuat.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada kesempatan itu mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI. Menurutnya, TNI merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

”Dirgahayu TNI ke-72, bersama rakyat TNI kuat,” ujar Bupati Hamim Pou.
Bupati mengatakan bahwa makna yang terkandung dalam tema HUT TNI ke-72 tahun ini

Bersama Rakyat TNI Kuat adalah bahwa TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis.

Menurut Bupati, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat adalah inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan semesta yang kita anut.

Sebagaimana telah dibuktikan selama ini kedekatan, antara TNI dengan rakyat, sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman, hal tersebut senantiasa harus terus ditingkatkan agar bangsa ini semakin kuat dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan.

Jika rakyat dekat dengan TNI dan TNI dekat dengan rakyat, maka kita akan lebih maksimal dalam membangun daerah ini, sehingga ke depan menjadi lebih baik lagi.

”Untuk itu mari kita jadikan peringatan HUT TNI ke-72 ini sebagai momentum untuk saling mendekatkan. TNI semakin dekat dengan rakyat dan rakyat kian dekat dengan TNI,” katanya. (Hms/Kadir/Sof)