Bone Bolango – Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) 

Komunal di Kelurahan Pauwo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango yang dibangun tahun 2015-2016 menjadi percontohan nasional.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bone Bolango Nirwan Utiarahman melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Irman, melalui pesan media sosial WhatsApp (WA), Minggu (8/10).

Irman mengatakan, dengan terpilihnya IPAL Komunal Kelurahan Pauwo yang dibangun tahun 2015-2016 menjadi percontohan nasional, maka Kabupaten Bone Bolango menjadi contoh untuk petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Dana Alokasi Khusus
(DAK) Bidang Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi di Indonesia tahun 2018 mendatang.

“Bone Bolango jadi Juknis DAK 2018 di Indonesia untuk petunjuk pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi,”katanya dan menambahkan pembangunan IPAL Komunal Kelurahan Pauwo ini melayani sekitar 320 Kepala Keluarga (KK).

Dia menjelaskan, terpilihnya IPAL Komunal Kelurahan Pauwo menjadi percontohan nasional, karena pemanfaatnya lebih dari target dan pengelolaannya langsung oleh masyarakat setempat, serta berfungsi hingga saat ini. “Kami tentu merasa bangga karena IPAL Komunal Kelurahan Pauwo ini jadi percontohan nasional. Ternyata kita di Bone Bolango dapat pengakuan dari Kementerian PUPR di dalam pengelolaan limbah rumah tangga,” ucapnya.

Menurutnya, sudah tiga kali tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turun untuk melihat dan melakukan survei keberadaan IPAL Komunal Pauwo tersebut dan selalu menjadi perhatian mereka.

”Alhamdulillah dari survei yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, IPAL Komunal Pauwo ini masuk dalam kriteria yang dipersyaratkan. Karena itu, maka ditetapkanlah IPAL Komunal Pauwo ini menjadi percontohan nasional dan menjadi Juknis
untuk pelaksanaan DAK Bidang Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi di seluruh Indonesia pada tahun 2018 mendatang,” urainya.

Dia pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Ketua KSM Ilopauwa Fitri Usman selaku pengelola IPAL Komunal Kelurahan Pauwo dan juga masyarakat di kelurahan setempat yang berkomitmen membayar iuran untuk pemeliharaan IPAL
Komunal tersebut.

”Semoga kedepan untuk pengelolaan IPAL-IPAL Komunal mendatang, khususnya di Bone Bolango kiranya bisa mencontoh IPAL Komunal Kelurahan Pauwo,” pungkasnya. (Hms/Kadir/Sof)