BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan tiga kepala desa (Kades) terpilih di wilayah Kecamatan Suwawa, bertempat di halaman Kantor Bupati Bonebol, Kamis (8/2).
Ketiga Kades terpilih yang dilantik Bupati Bonebol Hamim Pou itu, diantaranya Kepala Desa Ulantha Like Elisabeth Ambouw, Kepala Desa Huluduotamo Suwardi Wartabone, dan Kepala Desa Bube Arifin Hadju.
“Ini menjadi sejarah tersendiri bagi Kepala Desa Ulantha Like Elisabeth Ambouw, Kepala Desa Huluduotamo Suwardi Wartabone, dan Kepala Desa Bube Arifin Hadju. Karena biasanya Kades terpilih itu dilantik di kecamatan maupun di desanya masing-masing, tapi ini istimewa dimana 3 Kades di Suwawa di lantik di Kantor Bupati,”ujar Hamim Pou.
Menurut Hamim, pelaksanaan pelantikan ketiga Kades terpilih di wilayah Kecamatan Suwawa kali ini tidak salah mengambil halaman Kantor Bupati. Pasalnya, Kecamatan Suwawa merupakan ibu kota Kabupaten Bone Bolango. Apalagi Desa Ulantha, itu menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bone Bolango.
“Kita tidak pernah bayangkan bahwa Desa Ulantha menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Bone Bolango. Ada kantor Bupatinya, Rudis Bupati, ada masjid raya Bone Bolango atau Islamic Center, The Auditorium, dan ada Benteng Ulantha (Ulantha Hill),”tutur Hamim.
Jadi, kata Hamim, Desa Ulantha sekarang sudah berubah dan dibuat bagus. Karena itu, masyarakatnya juga harus berubah dan harus menjadi masyarakat yang berbudaya modern tanpa meninggalkan agama dan budaya kita sebagai orang timur.”Masyarakat disini harus berubah dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak bagus,”imbau Hamim.
Sementara itu, sebelum melantik ketiga Kades di wilayah Kecamatan Suwawa, Bupati Bonebol Hamim Pou dihari yang sama juga melantik dan mengambil sumpah jabatan 2 kepala desa di wilayah Kecamatan Suwawa Tengah, yakni Kades Duano Ajub Iriyanto Hadju dan Kades Lombongo Dzulkifli S. Abdullah, S.Kom, bertempat di lapangan Duano Kecamatan Suwawa Tengah.
Baik kepada Kades Duano dan Kades Lombongo di Kecamatan Suwawa Tengah, dan Kades Ulantha, Kades Huluduotamo, dan Kades Bube di Kecamatan Suwawa, Bupati Bonebol Hamim Pou mengingatkan terkait komitmen maupun perjanjian kontrak kinerja antara Bupati dan seluruh Kades, dalam upaya menurunkan jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) di desanya masing-masing.
“Jadi komitmen maupun perjanjian kontrak kinerja antara Bupati dan seluruh Kades dalam rangka menurunkan jumlah RTM yang sudah ditandatangani oleh Kades atau Penjabat Kades sebelumnya itu berlaku dan harus dilanjutkan oleh Kades terpilih, karena itu sifatnya kelembagaan institusi,”tegas Hamim.
Hamim mengungkapkan memang problem Bone Bolango hingga saat ini adalah masih tingginya jumlah RTM. Tapi secara keseluruhan di lima kabupaten di Provinsi Gorontalo yang paling sedikit persentasi kemiskinan terendah adalah Kabupaten Bone Bolango.”Jadi kemiskinan terendah nomor satu di Provinsi Gorontalo, khususnya di lima kabupaten adalah Kabupaten Bone Bolango,”ungkapnya.
Demikian juga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi diantara lima kabupaten di Gorontalo, Bone Bolango paling tinggi, pendidikannya, pendapatannya, dan ekonominya, serta kualitas kesehatannya.
Nah, dalam kaitan penurunan kemiskinan itu, Bupati Hamim Pou menitipkan beberapa poin, dan salah satu poin utamanya adalah seluruh Kades harus memaksimalkan dan mengoptimalkan dana desa untuk mengurangi RTM di setiap desa.
Bupati Hamim juga menitipkan kepada para Kades terpilih dan dilantiknya itu, agar menjadi Kades untuk seluruh rakyat di desanya.”Semua rakyat harus dirangkul, baik yang memilih kita maupun yang tidak. Tidak boleh juga ada pergantian aparat. Semua harus move on. Karena kita semua bersaudara, tidak perlu diributkan. Kita harus bekerja untuk melayani semua rakyat,”tandasnya. (Hms/Kadir)