BONE BOLANGO – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Bone Bolango, Ny. Lolly Hamim Pou menerima anugerah penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tahun 2017 di Bandar Lampung, Provinsi Lampung.
Anugerah ini diserahkan dan disematkan langsung oleh Ketua TP. PKK Pusat Ny. Erni Gunarti Cjahjo Kumolo kepada Ketua TP. PKK Bone Bolango Lolly Hamim Pou, bertempat di Mahan Agung Rumah Jabatan Gubernur Lampung, pada malam resepsi Penganugerahan Penghargaan Program Kependudukan, Jumat (14/7) malam.
Penghargaan Manggala Karya Kencana ini, merupakan penghargaan yang tertinggi dari pemerintah pusat melalui BKKBN atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera
Penghargaan ini diberikan kepada Ketua TP. PKK Kabupaten Bone Bolango, Lolly Hamim Pou sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala BKKBN Nomor : 77/KEP/G2/2017 tertanggal 20 Juni 2017.
Lolly Hamim Pou yang juga istri Bupati Bone Bolango Hamim Pou ini, mengaku bersyukur atas prestasi dan penyematan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada dirinya.”Alhamdulillah prestasi ini merupakan hasil kerja keras kita semua. Semoga ini bisa semakin memotivasi jajaran TP.PKK, Dasawisma, KB dan Kependudukan serta instansi terkait di Kabupaten Bone Bolango untuk meningkatkan kinerja dan kerja sama dimasa-masa yang akan datang,”ucapnya.
Ia melanjutkan, penghargaan Manggala Karya Kencana ini bisa diraih, karena kita di PKK mampu mensinergikan kegiatan PKK dengan kegiatan pemerintah daerah yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guna mensukseskan program KB dan kependudukan dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.
“Syukur Alhamdulillah, kita PKK Bone Bolango mampu menggerakan kemitraan PKK, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB-P3A) Kabupaten Bone Bolango, dan OPD lainnya untuk mewujudkan keluarga sejahtera di daerah ini,”ulasnya.
Sebelumnya, Ketua BKKBN Pusat, Surya Chandra Surapaty dalam sambutannya, mengatakan penghargaan bidang KKBPK untuk tokoh masyarakat termasuk kepada para Kepala Daerah dan Ketua TP.PKK, merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat melalui BKKBN atas dukungan mereka dalam menyukseskan program KB dan pembangunan keluarga di daerah.
Untuk itu, Surya Chandra Surapaty berharap penghargaan ini bisa menjadi pemicu untuk terus mensosialisasikan program KB menuju masyarakat yang sejahtera dan mandiri, juga bentuk revolusi mental membentuk manusia yang yang berkarakter dan berkualitas.
"Mewujudkan manusia berkualitas tak terlepas dari peran dan fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera. Selain itu, mengedukasi larangan seks pra nikah, jauhi pernikahan dini hingga penggunaan obat-obatan terlarang,"katanya
Dia menguraikan, untuk membentuk keluarga yang sejahtera memerlukan perencanaan yang matang.”Dua anak sudah cukup tanpa membedakan jenis kelaminnya, baik laki-laki atau perempuan,”tandasnya.
Sementara itu, Peringatan Harganas XXIV 2017 yang mengusung tema “Dengan Hari Keluarga Nasional, Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan” ini, disaksikan langsung Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, serta para Gubernur, Walikota dan Bupati yang turut menerima penghargaan.
Kegiatan ini, turut dihadiri pula Bupati Bone Bolango Hamim Pou, dan Kepala DP2KB-P3A Bone Bolango Samsia Melu. (Humas/Kadir)