Hasil Evaluasi Kontribusi Berita Januari-Maret 2017

BONE BOLANGO – Media Center (MC) Kabupaten Bone Bolango meraih peringat pertama se Indonesia Timur berdasarkan hasil evaluasi kontribusi berita Media Center Daerah di Portal Berita infopublik.id periode Januari-Maret 2017. Sementara disusul peringat II Media Center Provinsi Maluku, dan peringat III Provinsi Sulawesi Tengah.
Hal ini diungkapkan Direktur Pengelola Media Publik, Sunaryo saat diwawancarai usai penutupan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi pengelola Media Center Daerah yang diikuti 52 daerah di wilayah Indonesia Timur.
Bimtek ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo RI dengan mengambil tema Jurnalisme Online, di Hotel Santika Mataram-Lombok, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (27/4) malam.
Sebelumnya Direktur Pengelola Media Publik, Sunaryo, menjelaskan bahwa Media Center merupakan simpul jaringan diseminasi informasi yang dirancang sebagai pusat layanan informasi dan komunikasi public dalam rangka tata kelola pelayanan informasi dan komunikasi public (GPR), dengan lebih mengedepankan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet (online).
“Media Center ini berfungsi sebagai sarana diseminasi, pertukaran informasi, dan sarana peningkatan aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dan komunikasi, serta pemerintah memastikan ketersediaan informasi bagi masyarakat di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar),”jelasnya.
Sunaryo menambahkan bahwa bantuan perangkat Media Center sejak tahun 2007-2016 telah dihibahkan ke pemerintah daerah. Untuk itu, Sunaryo mengingatkan kembali komitmen pemerintah daerah penerima bantuan perangkat Media Center terhadap penyediaan infrastruktur (ruangan, listrik, dan internet).
Selain itu, pemanfaatan media center untuk public, ketersediaan SDM, produksi konten informative dan edukatif, dukungan APBD untuk operasional dan pemeliharaan, serta konektivitas infopublik. Menurutnya, potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak public terhadap informasi.
”Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya system informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat dan akuntabel,”pungkasnya.
Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasubdit Media Online, Nurlaili menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan Bimtek tersebut, diantaranya untuk meningkatkan pemahaman pengelola Media Center Daerah tentang jurnalisme online, serta tugas dan fungsi Media Center.
Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan menulis berita dan foto untuk media online sesuai dengan kaidah jurnalisme online, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita dan foto pada website InfoPublik, Kemenkominfo RI.
Sementara itu, dalam pelaksanaan Bimtek ini Pemkab Bone Bolango mengutus dua orang peserta masing-masing, Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Kominfo Bone Bolango, Abdul Kahar Lahay, dan Petugas Pengelola Media Center Kabupaten Bone Bolango di Bagian Humas dan Protokoler Setda Bone Bolango, Abdul Kadir Pakaya. (Hms/Kadir)