BONEBOL – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) tetap berkomitmen untuk bisa meraih Piala Adipura kedua kalinya tahun ini dengan mengoptimalkan pembersihan lingkungan dengan melibatkan aparat dan masyarakat.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bonebol, Hasan Limonu, mengatakan menjelang penilaian tahap dua (P2) Piala Adipura, Pemkab Bonebol terus mengoptimalkan pembersihan lingkungan dengan melaksanakan kerja bakti bersama, utamanya di ruang publik dan jalan umum.
“Pelaksanaan kerja bakti menyambut P2 Piala Adipura ini, melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, aparat kecamatan, desa dan kelurahan, organisasi kemasyarakatan, dan didukung lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Bonebol,”kata Hasan Limonu, Jumat (9/3).
Dia mengutarakan, pelaksanaan kerja bakti ini, tidak hanya ditujukan untuk menyambut P2 Adipura, tetapi ini merupakan bentuk dorongan kepada masyarakat agar peduli dan sadar dengan kebersihan lingkungan.“Semoga dengan pelaksanaan kerja bakti ini, masyarakat semakin sadar dan peduli dengan kebersihan lingkungannya,”ujar Hasan Limonu.
Menurutnya, butuh perhatian khusus terkait kebersihan lingkungan. Olehnya itu, pihaknya selalu mengingatkan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.“Saya kira tanpa ada penilaian Adipura pun masyarakat di Bonebol harus sadar akan kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggalnya masing-masing,”ungkap mantan Sekretaris BPBD Bonebol ini.
Lebih lanjut, Hasan Limonu, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, mulai dari TNI, Polri, ASN, aparat kecamatan, desa, dan kelurahan, organisasi masyarakat, dan masyarakat yang selama ini ikut terlibat dalam setiap kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan oleh Pemkab Bonebol.”Kami selaku pemerintah daerah, sangat berterima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan selama ini,”tukas Hasan Limonu.
Hasan pun berharap semoga dengan bersinerginya pemerintah daerah dengan aparat TNI, Polri, aparat kecamatan, desa dan kelurahan, organisasi masyarakat, dan masyarakat menjadikan Bonebol menjadi kabupaten yang sehat dan bersih lingkungan.”Semoga tahun ini, kita bisa meraih kembali penghargaan Piala Adipura tersebut,”harap Hasan Limonu.
Disisi lain, Hasan Limonu menambahkan, selama ini DLH Bonebol tidak henti-hentinya melaksanakan sosialisasi program Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) demi mempertahankan penghargaan Piala Adipura sekaligus membangkitkan semangat masyarakat hidup di lingkungan yang bersih dan penuh kehijauan. (Hms/Kadir)