Bone Bolango – Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone menerima kunjungan studi banding Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, di ruang Huyula Kantor Bupati Bone Bolango, Kamis (26/10).

Kunjungan studi banding Pemkot Mojokerto tersebut dipimpin langsung Wakil Walikota Suyitno dan Sekkot Gentur Prihantono, Asisten Administrasi Pemerintahan Abd. Rachman Tuwo MN, Asisten Administrasi Kesejahteraan Rakyat Achmad Uton, Inspektur Akhnan, dan sejumlah pimpinan OPD, Pokja ULP, dan Sekretariat ULP.

Kunjungan Pemkot Mojokerto ini dilakukan untuk mempelajari dan meniru penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) percontohan nasional di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Bone Bolango.

Bupati Hamim Pou pada kesempatan itu, mengaku bersyukur dan bangga atas kunjungan studi banding Pemkot Mojokerto ke ULP Kabupaten Bone Bolango. ”Terima kasih kepada Wakil Walikota Mojokerto bersama rombongan yang telah berkunjung ke Bone Bolango,” ucapnya.

Hamim Pou mengatakan Kota Mojokerto adalah salah satu kota yang maju di Jawa Timur, tapi mereka mau datang ke Bone Bolango. Padahal bila dibandingkan usia Kabupaten Bone Bolango baru 14 tahun dibandingkan dengan usia Kota Mojokerto yang usianya sudah 99 tahun. ”Ini luar biasa dan kami merasa bangga dan tersanjung, Pemkot Mojokerto memilih datang ke Bone Bolango,” kata Hamim.

Kedatangan rombongan Pemkot Mojokerto ke Bone Bolango, tentu tidak berarti Bone Bolango lebih baik dari Kota Mojokerto. Akan tetapi kami menganggap ini sebagai sharing untuk berbagi pengalaman apa yang baik dari Bone Bolango itu bisa dipraktekkan di Kota Mojokerto. Demikian juga apa yang progressnya sudah baik di Kota Mojokerto mungkin bisa kita tiru dan kita aplikasikan di Kabupaten Bone Bolango.

“Jadi paling cocok kita sharing, kita berbagai pengalaman. Bahkan yang paling penting kami harus banyak belajar dari Kota Mojokerto, tentu dari berbagai dinamikanya, terutama dari para pemimpinnya maupun kepala daerah-nya,” urai Hamim Pou.

Pada kesempatan itu, Hamim menjelaskan kehadiran ULP di Bone Bolango, menjadi salah satu yang mengurangi beban kepala daerah dan wakil kepala daerah. Salah satunya menyiapkan ULP-nya dengan baik sehingga proses pengadaan barang dan jasanya lebih baik.

“Jadi di Bone Bolango untuk proses pengadaan barang dan jasa itu sudah ULP yang mengerjakannya. Sehingga kepala daerah dan wakil kepala daerah itu tidak lagi urus pengadaan barang dan jasa tersebut. Cukup pedoman, ketentuannya dan sebagainya yang kita diketahui,” jelas Hamim.

Hamim mengungkapkan sejak tahun 2012 ULP Bone Bolango sudah dipermanenkan dan Perda-kan, makanya menjadi salah satu ULP yang tercepat di Indonesia dan terpilih menjadi salah satu ULP percontohan nasional.

Kehadiran ULP ini, tentu membawa keuntungan yang lebih banyak bagi Kabupaten Bone Bolango. Disamping kepala daerah dan wakil kepala daerah-nya nyaman dan tenang, juga diuntungkan lebih banyak dalam segala hal dan lebih hemat kalau proses pengadaan barang dan jasa-nya lewat ULP ini. 

“Rata-rata APBD kami lewat belanja modal, belanja barang dan jasa, itu kami bisa menghemat saving hingga 8 persen sisa hasil tender (SHT). Nah SHT ini kami arahkan untuk keperluan yang lain-lain. Apalagi DAU Bone Bolango kecil, maka ULP ini bisa membuat kami menghemat,”terang Hamim Pou.

Sementara itu, Wakil Walikota Mojokerto Suyitno menjelaskan tujuan kunjungan Pemkot Mojokerto ke Bone Bolango ini adalah untuk melakukan studi tiru.”Jadi kami datang ke Bone Bolango untuk meniru. Walaupun Pemkot Mojokerto lebih tua usianya dibandingkan Kabupaten Bone Bolango, tapi kita tidak berkecil hati. Justru kami merasa bangga bisa kesini,”ujarnya.

Suyitno yang juga mantan Sekkot Mojokerto ini mengatakan karena kerja yang baik, makanya ULP di Bone Bolango sangat baik dan menjadi ULP percontohan nasional.

”Kita harus mencontoh apa yang baik itu dan kita harus belajar disini. Apa yang baik di Bone Bolango itu harus kita pelajari dan tiru. Sudah tidak zamannya lagi kita bekerja dan main yang tidak lurus,”pesan Suyitno kepada rombongannya.

Diakhir penyampaiannya, Suyitno atas nama Pemkot Mojokerto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone bersama jajaran Pemkab Bone Bolango yang telah berkenan menerima rombongan timnya untuk berkunjung ke Bone Bolango.

”Terima kasih pak Bupati dan pak Wabup, Alhamdulillah kami sudah diterima dengan penuh kebersamaan,” katanya. (Humas/Kadir/Sofyan)