BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Provinsi Gorontalo, Hamim Pou menyatakan peran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di pertahanan laut sangat dibutuhkan.
Apalagi dalam pengamanan kekayaan laut kita. Kemudian dari penjarahan, perampokan maupun transaksi di tengah laut, itu bisa ditekan dengan adanya peran dari TNI AL.
Pernyataan itu disampaikan Bupati Bonebol Hamim Pou ketika dimintai harapannya terkait dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 tahun 2018 Pangkalan TNI AL (Lanal) Gorontalo, yang dipusatkan di Pantai Kurenai Desa Botubarani Kecamatan Kabila Bone, Sabtu (12/5).
Hamim mengatakan, wilayah Indonesia ini paling besar adalah wilayah laut, maka peran angkatan laut sangat besar untuk menjaga kekayaan laut tersebut. Kita berharap selain menjaga agar kekayaan laut itu tidak dicuri, peran TNI AL juga diharapkan bisa melakukan pengamanan datangnya kapal-kapal asing.
”Terutama kapal-kapal asing yang datang dari arah utara, yakni dari Filipina yang bisa masuk ke wilayah teluk tomini yang ada di Provinsi Gorontalo,”ujar Hamim Pou sembari mengucapkan selamat ulang tahun ke-11 tahun 2018 kepada Lanal Gorontalo.
Sebelumnya, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Gorontalo, Letkol Laut (P) Tonny Sundah, M.Tr.HANLA mengatakan, peringatan HUT Lanal Gorontalo merupakan suatu tradisi yang baik dan menjadi tonggak penting bagi kehidupan organisasi. Selain itu, sebagai bagian dari kegiatan pembinaan satuan dalam upaya menghadapi berbagai tantangan dan dinamika dalam pelaksanaan tugas.
Dia juga mengatakan, kegiatan peringatan HUT Lanal seperti ini, mengandung makna agar kita dapat menilai, mengevaluasi dan introspeksi atas pelaksanaan program kerja dan kegiatan selama satu tahun. Pada akhirnya akan sangat berguna bagi penyempurnaan dan peningkatan pelaksanaan tugas dengan disertai peningkatan prestasi di masa yang akan datang.
“Selain itu, momentum ini dapat kita jadikan sebagai wahana pemacu motivasi dan menyegarkan semangat pengabdian dalam menghadapi tugas-tugas kedepan yang lebih baik dan mampu mempersembahkan karya nyata yang secara profesional serta positif proporsional dalam menunjang pencapaian keberhasilan tugas pokok Lanal Gorontalo,”tutup Letkol Laut (P) Tonny Sundah.
Sementara itu, pantauan di lokasi, upacara peringatan HUT Lanal Gorontalo ke-11 tahun 2018 tersebut, turut dihadiri Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo Anis Naki, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kabinda Gorontalo, Kakorda, Dirpolair, Dandim, Dansatrad, serta Forkopimda Provinsi Gorontalo, dan Bupati/Wakil se-Provinsi Gorontalo. (Hms/Kadir)