Hanya Diterima  3 Daerah Se Sulawesi Manado dan Banggai 

BONEBOL - Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) merilis daftar  Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Wilayah III pada tahun 2017, Selasa  (13/2) di Yogyakarta. Hasilnya, Kabupaten Bone Bolango mendapat rapor biru, menjadi satu dari 3 Kabupaten Kota se Sulawesi selain Kota Manado dan Kabupaten Banggai yang memperoleh predikat BB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menyerahkan langsung penghargaan itu kemudian diterima langsung Bupati Hamim Pou.

Prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Bone Bolango ini terbilang luar biasa, apalagi pada penilaian kinerja tahun 2016 kemarin Pemkab Bone Bolango menerima predikat CC namun lewat kerja keras, akhirnya Pemerintah Kabupaten Bone Bone Bolango bisa meraih predikat BB.

Informasi yang dirangkum, untuk peneriman Sakip di wilayah III meliputi pemprov dan kabupaten/kota di wilayah Sulawesi, DIY, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat ini, Pemerintah Provinsi DIY masih merupakan satu-satunya pemda yang meraih predikat "A". Selain itu, Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Bone Bolango  serta 6 kabupaten/kota  meraih predikat “BB”, sementara 151 daerah lainya mendpat peringkat B, C, CC dan D dan 21 daerah lain belum menyampaikan laporan kinerjanya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menyampaikan apresiasinya kepada pemda yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi.  “Saya mengharapkan para Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah untuk lebih fokus dan lebih serius lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” ujarnya.

Bupati Hamim Pou mengapreasiasi prestasi yang diterima  Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Bupati mengatakan ini sebagai pembuktian, Kabupaten Bone Bolang yang baru berusia 15 tahun bisa memperoleh predikat BB. 

“Alhamdulillah. Bone Bolango meraih predikat BB dari Kemenpan dan RB untuk akuntabilitas kinera 2017. Kerja bersama,”ujar Bupati. (hms/afik)

 

Daftar Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Wilayah III (data dari Kemenpan RB)

Predikat A : D. I.  Yogyakarta

Predikat BB :

  1. Provinsi Jawa Tengah
  2. Kota Manado 
  3. Kabupaten Bone Bolango
  4. Kabupaten Banggai
  5. Kabupaten Bantul
  6. Kabupaten Sleman
  7. Kota Yogyakarta
  8. Kabupaten Kulon Progo