BONEBOL – Bupati Hamim Pou didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Bone Bolango Lolly Hamim Pou meresmikan Pasar Sore Botupingge, di Desa Tanah Putih Kecamatan Botupingge, Sabtu (13/10).
Dengan diresmikannya Pasar Sore yang digagas dan dikelola oleh Kelompok Usaha Pemuda Kreatif (KUPK) Karang Taruna Kecamatan Botupingge itu, Bupati Hamim Pou berharap lebih memudahkan warga Gorontalo, khususnya di Kecamatan Boupingge dan sekitarnya untuk mencari kebutuhan sehari-hari.
“Ini sejarah untuk masyarakat Botupingge bisa mewujudkan pasar sore. Olehnya itu, besar harapan saya, dengan keberadaan pasar sore ini juga bisa membantu perekonomian warga dan pedagang yang ada disini,”ujar Bupati Hamim Pou.
Bupati mengatakan, dengan hadirnya pasar sore di Botupingge, ini akan menghemat banyak hal, termasuk memangkas biaya transportasi, karena pasarnya sudah dekat.”Jadi warga maupun ibu-ibu disini, tidak perlu lagi datang ke pasar-pasar yang ada di luar Botupingge maupun di luar Bonebol,”katanya.
Olehnya itu, Bupati berharap kepada masyarakat dan juga pedagang untuk senantiasa menghidupkan keberadaan Pasar Sore Botupingge tersebut. Jangan hanya dibuka dan diresmikan hari ini, kemudian setelah itu pasar sore ini tidak ada aktivitas lagi.
Menurutnya, banyak yang diuntungkan oleh kehadiran pasar ini, selain masyarakat juga para pedagang.”Jadi ekonomi disini akan bertumbuh. Bapak dan ibu disini juga bisa menghemat, termasuk menghemat waktu dan biaya,”tandas Hamim Pou.
Untuk itu, Bupati Hamim Pou berpesan kepada para pedagang agar harga produk yang diperjual belikan di pasar itu bisa bersaing.”Bahan-bahannya harus segar, sehingga lebih banyak lagi warga yang datang berbelanja di pasar sore Botupingge ini, termasuk kebersihan pasarnya juga harus dijaga,”pesannya.
Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi, Bupati Hamim Pou didampingi Ketua TP. PKK Lolly Hamim Pou meninjau secara langsung lapak-lapak pedagang di Pasar Sore Botupingge tersebut. Bupati dan Ketua TP. PKK tidak hanya berdialog dengan para pedagang, juga melihat berbagai produk maupun bahan kebutuhan sehari-hari yang diperjual belikan.
Bahkan Bupati Hamim Pou dan Ketua TP. PKK Lolly Hamim Pou langsung berbelanja dan memborong jualan para pedagang, seperti bawang merah, sayur-sayuran, ikan segar, ikan teri, minyak kelapa, dan lain sebagainya. Semuanya dibagi-bagikan kepada warga yang hadir pada peresmian pasar sore tersebut. (AKP)