Bone Bolango – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango akhirnya menetapkan tapal batas Desa Bulontala Timur dan Desa Pancuran, Kecamatan Suwawa Selatan di Sungai Dumbata Kecamatan Suwawa Selatan.

Penetapan tapal batas Desa Bulontala Timur dan Desa Pancuran ini ditetapkan pada rapat yang dipimpin langsung Wakil Bupati Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone, di ruang rapat Bupati, Rabu (27/12).

Rapat tersebut juga dihadiri  Asisten I Bidang Pemerintah Setda Kabupaten Bone Bolango Taufik Sidiki, Kabag Pemerintahan Nikson Gubali, Kabag Humas dan Protokoler Rizal A. Djunaid, Camat Suwawa Selatan Abdurrahman Bau, dan kedua kepala desa, yakni Kepala Desa Bulontala Timur dan Kepala Desa Pancuran.

Wabup Mohamad Kilat Wartabone pada kesempatan itu, menegaskan bahwa tapal batas antara Desa Pancuran dan Desa Bulontala Timur Kecamatan Suwawa Selatan adalah di Sungai Dumbata.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan, Nikson Gubali, mengungkapkan sudah beberapa kali kedua desa tersebut melakukan pertemuan, tetapi tidak menemukan titik terang. 

Menurutnya, bahwa sesuai Permendagri 45 bahwa sudah 6 bulan di bahasnya tapal batas antar kedua desa yang bersangkutan tidak ada penyelesaiannya, maka pemerintah daerah itu berhak memutuskan di mana batas desa itu.

“Alhamdulliah tadi tapal batas antara Desa Pancuran dan Desa Bulontala Timur Kecamatan Suwawa Selatan sudah ditetapkan di Sungai Dumbata,” ujarnya.

Nikson menambahkan nantinya kedua Kepala Desa dan beberapa pihak yang bersangkutan akan menandatangani pernyataan bahwa Sungai Dumbata adalah tapal batas kedua desa tersebut. Begitu juga dengan Camat Suwawa Selatan, nantinya akan memediasi  masyarakat kedua desa untuk rapat menyampaikan hasil rapat dan penetapan tapal batas yang sudah ditetapkan tersebut. (Hms/Adit-Kadir/Sof)