BONE BOLANGO - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Bone Bolango tahun 2017 dipusatkan di Lapangan Ippot Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango, Selasa (2/5), dengan inspektur upacara (Irup) Bupati Bone Bolango Hamim Pou.
Pelaksanaan Hardiknas tingkat Kabupaten Bone Bolango yang mengambil tema “Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila” terbilang semarak karena diwarnai dengan ragam atraksi berupa tarian kolosal, dan juga penghargaan kepada 18 tenaga pendidik di Bone Bolango.
Bupati Hamim Pou yang didampingi Kapolres Bone Bolango AKBP Wahyu Tri Cahyono mengatakan, di Hardiknas ini atas nama pemerintah, izinkan kami menyampaikan apresiasi pada semua pihak, pada semua pelaku pendidikan di mana pun berada, yang telah mengambil peran aktif untuk mencerdaskan saudara sebangsa.
Untuk para pendidik di semua jenjang, yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia berkarakter mulia, yang mampu meraih cita-cita dan menjadi pembelajar sepanjang hidup.
“Terimalah salam hormat dan apresiasi dari kita semua,”ujar Bupati Hamim Pou dalam sambutannya dan mengatakan, pendidikan itu seperti tangga berjalan yang mengantarkan kita meraih kesejahteraan yang jauh lebih baik.
Ditambahkan Bupati Hamim Pou, di Hardiknas ini, mari kita kembalikan semangat dan konsep Ki Hadjar Dewantara bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Sebuah wahana belajar yang membuat para pendidik merasakan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan.
Selain itu, sekolah adalah sebuah wahana belajar yang membuat para peserta didik merasakan belajar sebagai sebuah kebahagiaan. Pendidikan sebagai sebuah kegembiraan. Pendidikan yang menumbuh-kembangkan potensi peserta didik agar menjadi insane berkarakter Pancasila.
Ikhtiar besar kita untuk pendidikan ini hanya akan bisa terwujud apabila kita semua terus bekerja keras dan makin membuka lebar-lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan.
“Kita harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan juga urusan kita dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua,”tandasnya. (Hms/Afik/Kadir)