BONEBOL – Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, Permendagri Nomor 99 tahun 2018 tentang pembinaan dan pengendalian perangkat daerah, dan Surat Edaran Mendagri Nomor 060/3027/OTDA tanggal 29 Mei 2019 tentang evaluasi kelembagaan perangkat daerah sesuai dengan Permendagri Nomor 99 tahun 2018.
Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretaria Daerah (Setda) menyelenggarakan kegiatan evaluasi organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bone Bolango, di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Kamis (6/2/2020).
Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma saat membuka kegiatan itu mengatakan kegiatan evaluasi OPD dilaksanakan karena memang dalam 3 bulan terakhir ini begitu deras dan cepat keinginan pemerintah pusat untuk segera mengimplementasikan baik itu Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, termasuk di dalam Peraturan Mendagri, Permenpan, dan BKN.
Dimana pemerintah pusat menginginkan kita di daerah segera menyesuaikan dalam hubungannya dengan profesionalisme dan kinerja birokrasi di dalam pelayanan publik. Olehnya, langkah awal yang perlu dilakukan adalah bagaimana lewat evaluasi OPD kita bisa ketahui karena entri point-nya ada disini. Untuk kemudian kita bergerak ke tahapan-tahapan selanjutnya yang sudah diberikan deadline antara bulan Maret atau Juni 2020.
“Mudah-mudahan dengan evaluasi OPD ini kita bisa ada peluang untuk merubah nama OPD-OPD yang ada saat ini, tentu harus ada penilaian yang bisa meningkatkan skor penilaian OPD kita,”ujar Sekda Ishak Ntoma yang turut didampingi Asisten III Setda Iwan Mustapa.
Nah, inilah fungsi dilaksanakannya evaluasi OPD apakah nomenklaturnya sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang ada, terutama dengan Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2019 perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, sekaligus juga memberikan gambaran umum.
“Paling tidak menjadi inspirasi bagi bagaimana kita akan melangkah ke tahap kedua untuk penyederhanaan birokrasi di daerah,”urai Sekda Ishak Ntoma.
Sebelumnya, Kepala Bagian Ortala Setda Bone Bolango Fredy Lasut menjelaskan kegiatan evaluasi OPD itu dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan setiap OPD dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan yang berlaku, khususnya target capaian Pemkab Bone Bolango.
Fredy melanjutkan, kegiatan yang diikuti 30 peserta utusan seluruh OPD ini menghadirkan narasumber Kepala Bagian Ortala pada Biro Hukum Provinsi Gorontalo, Helmi S. Tantu. (AKP)