Tahun Depan 24 Ribu Pekerja Sektor Informal Diasuransikan

BONEBOL - Deputi Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Wilayah Sulawesi dan Maluku, Sudirman Simamora, memberikan apresiasi kepada Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou atas kepeduliannya terhadap pekerja sektor informal dari rumah tangga miskin (RTM) untuk di daftarkan pada BPJS-TK.
Apalagi tahun 2019 nanti akan menganggarkan dalam APBD Kabupaten Bonebol sebanyak 24 ribu pekerja sektor informal untuk diasuransikan lewat BPJS-TK.“Kepedulian pak Bupati kepada pekerja sektor informal dari RTM ini sungguh luar biasa. Bahkan informasi ini sampai kepada Presiden Jokowi,”ujar Sudirman Simamora saat melakukan pertemuan dengan Bupati Hamim Pou, di Kantor Bupati Bonebol, Selasa (22/5).
Sudirman Simamora pun menjuluki Bupati Bonebol Hamim Pou sebagai salah satu Bupati visioner juga sebagai Bapak Pembangunan dan Bapak Perubahan yang ingin membangun Kabupaten Bonebol ke arah yang lebih maju dan peduli kepada rakyat miskin.
Sementara itu, Bupati Bonebol Hamim Pou mengatakan, mulai tahun 2018 ini Pemkab Bonebol telah mengasuransikan lewat BPJS-TK pekerja sektor informal di Bonebol sebanyak 8.250 orang.
“Insya Allah tahun depan kita targetkan sebanyak 24 ribu warga Bonebol pekerja sektor informal. Termasuk di dalamnya tukang cuci, montir, tukang kayu, tukang batu, tukang mesel, penjaga warung dan lain sebagainya. Itu akan kita asuransikan lewat BPJS-TK,”ujar Hamim Pou.
Dengan demikian, ketika mereka para pekerja sektor informal ini mengalami kecelakaan kerja, maka ada asuransi BPJS-TK yang akan melindunginya. Begitu juga, ketika mengalami kematian atau meninggal dunia, meski tidak sedang bekerja atau sedang di rumah.
”Jika terdaftar sebagai pekerja sektor informal dan didaftarkan oleh Pemkab Bonebol, maka dia akan mendapatkan santunan juga dari BPJS-TK,”pungkas Hamim. (Hms/Kadir)