BONEBOL - Komitmen Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) mewujudkan kabupaten konservasi terus diimplementasikan. Salah satunya dengan hadirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang pengendalian pemanfaatan ruang kawasan di sekitaran Danau Perintis.
Perda tersebut ditandatangani langsung Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan disaksikan Wisnubroto Sarosa, selaku Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional RI, di ruang rapat Bupati, Rabu (27/11/2019).
Penandatanganan Perda yang turut dihadiri Sekda Bone Bolango Ishak Ntoma, Kepala Bappeda dan pejabat di lingkungan Pemkab Bone Bolango itu, disebut-sebut merupakan yang pertama kalinya di Indonesia.
Bupati Hamim Pou menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPN yang sangat agresif dan progresif dengan koordinasi komunikasi yang baik dan dilandasi etika yang baik semua bisa beejalan lancar.
"Hal yang seperti inilah yang kami butuhkan di daerah respon yang cepat dari Kementerian untuk mengharmonisasikan seluruh program, yang tentu tujuannya adalah untuk kepastian hukum perlindungan aset kekayaan dan tata kelola,"jelas Bupati dan menyampaikan terima kasih juga kepada Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional RI.
Bupati mengatakan Bone Bolango dianugerahi sebagai kabupaten peringkat kedua dengan kinerja tata ruang terbaik nasional. Sejak dari awal tim kami berkomitmen menata kota ini dengan hati-hati. Terus belajar di kota-kota lain, kisah-kisah sukses maupun kesalahan dalam penataan ruang untuk jadi pembelajaran.
"Karena jika penataan ruang yang tidak terkendali akan bermasalah. Kosnya menjadi sangat mahal dan sangat berat kalau kita tidak atur dari awal. Daerah yang gagal atau yang berhasil itulah tempat belajar kami,"terang Hamim. (HumasPro)