BONEBOL – Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, menyalurkan donasi untuk kemanusiaan peduli Palestina. Penyaluran donasi ini, diawali dengan penyampaikan ceramah oleh Syaikh Hussein S.A Abumarzouq dari Palestina dengan tenaga penerjemah, ustadz Rahmat Djafar, S.Pd.I, di Masjid Baitul Haq Islamic Center Bonebol, Senin (21/5).
Selain Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, juga Sekda Bonebol Ishak Ntoma serta sejumlah pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bonebol, para jamaah dan masyarakat juga menyalurkan donasi untuk rakyat Palestina.
Donasi ini tentunya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama manusia. Apalagi di Palestina sedang terjadi krisis kemanusiaan.”Semoga donasi yang disalurkan oleh jajaran Pemkab Bonebol mampu meringan beban warga maupun saudara-saudara kita di Palestina yang saat ini dilanda krisis kemanusiaan,”ujar Hamim Pou didampingi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone.
Sementara itu, Fadil Mahfuz relawan yang mendampingi Syaikh Hussein S.A Abumarzouq dari Palestina sekaligus juru bicara dari Social Service Center (SSC) Indonesia yang bekerjasama dengan Yayasan Amal Palestina Indonesia (API), mengaku bersyukur atas sambutan pemerintah Kabupaten Bonebol dan telah ikhlas menyalurkan donasi untuk rakyat Palestina.
Menurutnya, di Provinsi Gorontalo hampir semua daerah yang mereka datangi, di Kabupaten Bonebol sambutannya luar biasa. Mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, dan semua jajaran pemerintah daerah hadir sekaligus berdonasi untuk Palestina.
Hal ini membuktikan bahwa meskipun jarak Bonebol yang terpaut sangat jauh secara geografis dengan saudara-saudara kita di Palestina, akan tetapi hati kita terpaut. Ini merupakan gambaran dari kecintaan pemerintah daerah dan rakyat Bonebol terhadap saudara-saudaranya yang ada di Palestina.”Pimpinan daerah dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda bersama jajarannya menunjukan kepeduliannya untuk rakyat Palestina,”ujar Fadil Mahfuz.
Dia pun mengungkapkan, bahwa donasi yang disalurkan pemerintah daerah dan masyarakat Bonebol yang sebesar Rp18 juta tersebut, sudah diniatkan untuk disalurkan di bulan Ramadhan ini juga. Karena pertengahan Ramadhan ini, kegiatan penggalangan donasi ditargetkan selesai, setelah itu langsung disalurkan.
“Paling tidak mendekati akhir Ramadhan, donasi ini sudah tersalurkan, karena program yang kita damba-dambakan adalah menyajikan buka puasa bersama di kompleks Masjid Al-Aqsha. Sebab, kegiatan ini penyajian buka puasa seperti ini, jarang sekali dinikmati bahkan oleh masyarakat Palestina yang ada di sekitar Masjid Al-Aqsha,”terang Fadil Mahfuz. (Hms/Kadir)