BONEBOL - Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou jadi pembicara pada Seminar Nasional Biologi dan Sains bertempat di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Kamis(28/11/2019).
Di depan mahasiswa dan praktisi pendidikan biologi dan sains lintas perguruan tinggi, Bupati Hamim Pou menyampaikan kekayaan keanekaragaman hayati di Bone Bolango dan upaya daerah menjadi kabupaten konservasi.
Bone Bolango, kata Bupati, memiliki 18 Kecamatan,160 Desa, dan mempunyai 5 Kelurahan dan penduduknya lebih kurang 165 ribu jiwa. Namun sekitar 70% wilayahnya adalah wilayah hutan taman Nasional, yaitu Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).
Hal ini menjadi tantangan dimana kami akan bekerja. Sementara wilayah kami 80% hutan nasional, hutan produksi terbatas, dan hutan lindung."Karena itu juga kami harus melakukan inovasi di tengah keterbatasan. Namun tetap mengedepankan tugas kami menjaga hutan nasional bukan mengobrak abrik,"ujar Hamim.
Salah satu upaya yang ditempuh adalah sejak 2014 Pemkab Bone Bolango telah mendeklarasikan bahwa Kabupaten Bone Bolango adalah kabupaten konservasi. Itu komitmen kami dan dari kabupaten konservasi kami juga mendeklarasikan sebagai kabupaten organik.
Agar hutannya terjaga, dan produksinya juga. Salah satu produk organik yang dikenal adalah kopi organik Pinogu.”Kopi Pinogu ini spesial. Karena berada di tengah-tengah hutan taman nasional tanpa zat-zat kimia, ada juga padi organik menggunakan pupuk organik, hingga kakau organik,"terang Hamim. (HumasPro)