Bone Bolango, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Hukum H. Djamaludin Wartabone, meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) dan Lurah untuk mengaktifkan kembali wajib lapor 1x24 jam bagi tamu atau pendatang yang masuk ke wilayahnya.

“Saya minta dan sekaligus mengimbau kepada seluruh Kades dan Lurah di Bone Bolango untuk mengaktifkan wajib lapor 1x24 jam bagi siapa saja tamu yang datang,” kata Djamaludin Wartabone lewat selulernya, Selasa (26/1).  

Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan masuknya gerakan kelompok-kelompok radikalisme dan sebagainya, yang bisa masuk ke dalam lingkungan masyarakat dan merusak tatanan hidup masyarakat setempat. 

Selain itu, pengaktifkan kembali wajib lapor dalam 1x24 jam ini juga bertujuan supaya Kades/Lurah dapat mengetahui apakah pendatang atau tamu tersebut memiliki kartu identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP), kemudian dalam rangka apa yang bersangkutan ke wilayah itu.

Jadi peran dan partisipasi aktif dari Kades/Lurah dan juga Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan sangat diharapkan untuk membantu mendeteksi para pendatang atau tamu yang masuk ke wilayahnya masing-masing.

“Ini tentunya untuk menjaga dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti potensi munculnya paham-paham radikalisme, sesat dan organisasi yang akan merusak tatanan hidup masyarakat dan aqidah seseorang,” kata Djamaludin Wartabone.

Sekali lagi, kami mengimbau kepada Kades/Lurah sampai kepada Kepala Dusun dan Kepala Lingkungan bilamana menemukan orang asing atau tamu yang mencurigakan maupun kegiatan-kegiatan yang aneh-aneh atau dianggap janggal, segeralah melaporkannya kepada pihak yang berwajib, baik itu pihak kepolisian maupun Koramil setempat.

”Ingatkan warga bapak dan ibu, supaya pro aktif juga memberikan informasi, apabila menemui atau menjumpai orang asing atau kegiatan yang mencurigakan,”pungkas Djamaludin. (Hms/Kadir/toeb)

Sumber : http://infopublik.id/read/142975/kades-diminta-aktifkan-wajib-lapor-1x24-jam.html