BONEBOL- Pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kian mantap dan merata. Berdasarkan pantauan beberapa ruas jalan di wilayah Kabila dan Suwawa terus ditingkatkan.
Hal ini sebagaimana hasil peninjauan langsung pembangunan jalan hotmix yang dilakukan Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Rabu (9/10/2019).
Menurut Bupati Hamim Pou, peningkatan pembangunan infrastruktur jalan di Bone Bolango terus menjadi perhatian. Pembangunan jalan ini akan sangat membantu dan meringankan beban masyarakat di Kabupaten Bone Bolango. Dengan dibuatkan pekerjaan jalan ini bisa membantu masyarakat dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari, yang ingin pergi ke kebun sekarang jalannya sudah bagus.
“Jadi dengan adanya pembuatan jalan ini bisa meringankan beban masyarakat dan mampu meningkatkan kualitas pembangunan dan pengembangan disektor pertanian dan peternakan,”ujar Hamim Pou.
Kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango dalam memantau pembangunan beberapa ruas jalan tersebut diapresiasi warga. Di Desa Poowo, Kecamatan Kabila misalnya, salah seorang warga curhat bahwa setelah 20 tahun baru jalan didesanya bisa di hotmix.
Sementara Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Bone Bolango Sanovera S. Abbas mengatakan untuk tahun 2019 terdapat beberapa kegiatan peningkatan jalan, seperti ruas Tinelo Sungai Bone, Padenggo, dan Tanggilingo, nilai kontrak 4,731 miliar dengan panjang jalan 4,037 km.
Selanjutnya peningkatan jalan ruas Danau Perintis, Tingkohubu, Boludawa, Duano, dan Alale dengan nilai kontrak 4,708 miliar dengan panjang jalan 4, 312 km. Kemudian peningkatan jalan ruas Danau Perintis-Lombongo nilai kontrak 3,393 miliar dengan panjang jalan 1,950 km, serta peningkatan jalan Bandungan-Hubulo nilai kontrak 1,650 miliar dengan panjang jalan 1,200 km.
“Saat ini kondisi kemantapan jalan di Bone Bolango 64%. Dimana untuk fisik pekerjaan jalan di tahun 2019 sampai dengan sekarang rata-rata sudah mencapai 85%,"terang Sanovera Abbas, Kabid muda dan energik di Dinas PUPR Bone Bolango itu. (humaspro)