BONEBOL – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang duduk dalam jabatan administaror atau eselon III, mulai dari Sekretaris Dinas dan Badan, Kepala Bagian, Kepala Bidang hingga Camat, mengikuti seleksi terbuka untuk mengisi tiga jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) atau eselon II yang mengalami kekosongan pimpinan definitif di lingkungan Pemkab Bone Bolango (Bonbol) tahun 2019.
Tiga jabatan PTP yang mengalami kekosongan dan hingga saat ini hanya dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) itu, yakni Sekretaris Dewan (Sekwan), Kepala Badan Kesbangpol, dan Kepala Dinas Perindagkum.
Pelaksanaan seleksi terbuka jabatan PTP di lingkungan Pemkab Bone Bolango ini, dibuka secara resmi Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, di Hotel Grand Q, Kota Gorontalo, Senin (16/12/2019).
Dalam sambutannya Wabup Kilat Wartabone menyampaikan seleksi terbuka ini merupakan tahapan penting menuju good and clean government.”Menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih dan lebih baik, tenaga dan pikiran PNS sangat dibutuhkan dalam menciptakan hal-hal kreatif untuk kemajuan Kabupaten Bone Bolango,”ujar Wabup.
Menurut Wabup, seleksi terbuka calon pejabat PTP merupakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2015 dan Permenpan dan RB Nomor 13 Tahun 2014, maka pengangkatan JPT harus melalui uji kompetensi pada seleksi terbuka, terlepas dari asas taat hukum.
Kilat menjelaskan, seleksi terbuka ini adalah wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam membangun struktur sumber daya aparatur yang mempunyai kompetensi, kualifikasi, berintegritas dan transparansi.
Ia mengungkapkan, Kabupaten Bone Bolango membutuhkan aparatur Pemerintah yang mampu bekerja keras dan bersinergi dengan masyarakat untuk melakukan percepatan pelaksanaan program yang telah direncanakan.
Olehnya itu, dia berharap seleksi terbuka calon pejabat PTP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tahun 2019 ini bisa menghasilkan personil-personil yang profesional dan berkompetensi.
"Para pejabat struktural yang mengikuti seleksi mampu menjabarkan kepercayaan dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsinya,”tambah Wabup Kilat. (HumasPro)