BONEBOL – Sebanyak 160 warga kurang mampu di delapan kecamatan kembali mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) masing-masing sebesar Rp500 ribu dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) yang diserahkan Bupati Hamim Pou, Sabtu (19/10/2019).
Penyaluran bantuan tersebut diserahkan di dua tempat yang berbeda, yakni untuk Kecamatan Kabila cs berjumlah 60 orang, meliputi Kecamatan Kabila, Tilongkabila, dan Botupingge di Aula Kantor Camat Kabila.
Sementara untuk Kecamatan Bone Pesisir cs berjumlah 100 orang, meliputi Kecamatan Kabila Bone, Bone Pantai, Bulawa, Bone Raya, di gedung pusat kegiatan belajar masyarakat Kecamatan Bone Pantai.
Bupati Hamim Pou mengatakan, bantuan Baznas ini bersumber dari Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) gaji ke-13 dan THR tahun 2019 Aparatur Sipil Negara (ASN) Bonebol sebesar 2,5% yang jumlahnya mencapai Rp755 juta lebih. Kemudian ZIS ASN yang terkumpul ini kemudian disalurkan kepada yang berhak menerima, seperti panti asuhan dan warga yang kurang mampu.
“Jadi kita harus bersyukur, ini bukti ASN Bonebol sayang kepada rakyat. Meski hanya sedikit-sedikit ZIS-nya, tapi setelah terkumpul ternyata kelihatan hasilnya,”ujar Hamim sembari menitipkan bantuan ZIS ASN itu digunakan dengan sebaik-baiknya untuk meringankan kesulitan warga yang membutuhkannya tersebut.
Sementara itu, Ketua Baznas Bonebol Harun S, Badjoda dalam laporannya dana bantuan ZIS yang diserahkan bersumber dari gaji ke-13 dan THR ASN Bonebol tahun 2019. Untuk THR berjumlah Rp382 juta lebih dan gaji 13 Rp372 juta lebih, dengan jumlah totalnya mencapai Rp755 juta lebih.
Bantuan ZIS ASN ini kemudian disalurkan melalui beberapa jenis kegiatan, di antaranya BLT dimana setiap orangnya mendapatkan uang tunai Rp500 ribu. Selanjutnya bantuan untuk para pedagang, bantuan untuk operasional panti asuhan, bantuan untuk pembangunan madrasah ibtidaiyah, bantuan usaha pemuda produktif, dan ragam bantuan lainnya.
Di wilayah Kecamatan Kabila, kata Harun Badjoda, selain menyerahkan BLT untuk 60 orang, Baznas Bonebol juga menyalurkan bantuan untuk empat panti asuhan di wilayah tersebut, masing-masing menerima Rp10 juta.
Bantuan Baznas yang diserahkan juga yakni bantuan untuk pedagang di Pasar Selasa Oluhuta berjumlah Rp84 juta, khitanan massal Rp10 juta, bantuan pembangunan Madrasah Al-Munawarah Rp20 juta, bantuan untuk penderita kanker stadium 4 Rp5 juta, sehingga jumlah total bantuan Baznas yang diserahkan Rp189 juta.
Sedangkan di wilayah Kecamatan Bone Pesisir cs, selain bantuan BLT untuk 100 orang, juga diserahkan juga bantuan operasional untuk panti asuhan Al-Ikhlas Desa Tunas Jaya, Kecamatan Bone Pantai sebesar Rp10 juta, dan bantuan untuk kelompok pemuda produktif di Desa Monano, Kecamatan Bone sebesar Rp5 juta. (HumasPro/AKP)

Foto : Penyaluran Baznas