BONEBOL – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kini hadir dengan delapan ruangan maupun kamar operasi lengkap peralatan canggih, dengan harapan menjadikan pelayanan di rumah sakit ini semakin lebih baik.
Bupati Bone Bolango Hamim Pou didampingi Ketua Tim Kerja Bupati Irwan Bempah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Meyrin Kadir, dan Direktur RSUD Toto Kabila dr. Serly Daud mengatakan hari ini pihaknya melakukan peninjauan di RSUD Toto Kabila terutama di ruang operasi atau kamar operasi (OK).
Tujuannya tidak lain adalah ingin memastikan bahwa apa yang dibangun Pemkab Bone Bolango di RSUD Toto akan segera dimaksimalkan pemanfaatannya, khusus untuk kamar operasi.”Insya Allah rumah sakit ini akan memiliki delapan ruang operasi. Dengan hadirnya delapan ruang operasi ini akan banyak masyarakat yang bisa dibantu,”kata Hamim Pou, Jumat (07/02/2020).
Menurut Hamim, selama bertahun-tahun RSUD Toto Kabila ini hanya memiliki satu ruang operasi sehingga pasiennya harus mengantri. Apakah pasien yang gangguan ginjal, gangguan pencernaan, usus buntu, melahirkan, dan operasi-operasi yang lainnya para dokter-dokter harus bergantian.
Hamim mengatakan, dari sisi resiko terhadap pasien, ini sangat berbahaya. Kemudian juga secara sikologis akan membuat dokter sangat capek, karena harusnya dia bisa bekerja lebih cepat, tapi karena hanya ada satu ruang operasi, maka semua menjadi lambat dalam segala hal.
Maka dengan hadirnya delapan ruang operasi di RSUD Toto Kabila, ini diharapkan akan banyak masyarakat yang terbantu.”Kami juga senang dan bahagia ternyata dengan delapan ruang operasi di RSUD Toto Kabila, ini adalah salah satunya rumah sakit di Provinsi Gorontalo yang memiliki delapan ruang operasi, kamar operasi dengan peralatan yang canggih,”ujar Hamim.
Hamim pun memprediksi delapan ruang operasi ini akan bisa beroperasi sepenuhnya pada bulan Mei atau Juni tahun 2020 ini.”Mohon doanya bulan Mei atau Juni nanti sudah bisa beroperasi sepenuhnya delapan ruang operasi tersebut,”tukas dia.
Bupati pun menitipkan kepada pengelola rumah sakit, bahwa sekarang RSUD Toto Kabila sudah memiliki ruang baru, gedung baru, dan peralatan baru. Maka ini perlu dibarengi dengan membangun budaya baru di rumah sakit itu.”Budaya pelayanan yang lebih baik, itu menjadi kultur dari keluarga besar kesehatan, kita harus buat lebih baik lagi pelayanan di rumah sakit ini,”titip Hamim.
Bupati menambahkan dengan delapan ruang operasi ini, RSUD Toto Kabila tidak hanya melayani masyarakat Bone Bolango, masyarakat Provinsi Gorontalo bahkan daerah-daerah lain, seperti daerah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara juga datangnya ke RSUD Toto Kabila ini.
“Saya juga titip yang berikutnya adalah pelatihan-pelatihan pengembangan SDM, etika, dan pelayanan terhadap seluruh pengelola RSUD Toto ini,”tandas Hamim.
Kedepan, lanjut Hamim, pihaknya juga berkeinginan pada tahun 2021 mendatang seluruh fasilitas di RSUD Toto Kabila ini sudah bisa dipenuhi paling tidah 80%.
“Tahun depan saya sudah merancang, karena manajemen ini belum punya ruangan kerja Direksi Rumah Sakit maupun para pemimpin di rumah sakit ini, termasuk administrasi perkantorannya tidak punya ruang kerja. Maka tahun depan akan dipriotaskan untuk membangun kantor untuk manajemen rumah sakit ini,”urai Hamim panjang lebar. (AKP)