BONEBOL – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-74 tahun, di halaman Kantor Bupati, Minggu (10/11/2019).
Pada upacara Hari Pahlawan kali ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma didaulat menjadi inspektur upacara (Irup) dengan komandan upacara IPTU Frangki Jawa dan perwira upacara Kapten Nendra Purwanto.
Prosesi upacara bendera tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bone Bolango Kilat Wartabone, jajaran Forkopimda Kabupaten Bone Bolango, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bone Bolango, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.
Sekda Ishak Ntoma dalam sambutannya mengingatkan kembali pentingnya memperingati Hari Pahlawan 10 November. Ia mengungkapkan, di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.
“Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selama-lamanyanya,”ungkap Ishak Ntoma.
Ia juga menambahkan, peringatan Hari Pahlawan bukan semata-mata sebuah acara. Namun harus syarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun substansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini menurutnya penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah.“Kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan ini harus menjadi energi dan semangat baru untuk kita. Dapat mewarisi nilai-nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia,”imbaunya.
Tidak hanya itu, Panglima ASN Bone Bolango itu juga mengingatkan kepada para generasi muda, bahwa negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial. Karena, setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya.
Ia pun mengajak generasi muda agar bisa menorehkan prestasi yang bisa membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial.”Insya Allah semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2019,”tutupnya. (HumasPro)