BONEBOL – Inspektur Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Fredy H. Achmad mengatakan memaknai Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) 9 Desember 2019, dirinya selaku pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama mengambil peran dalam melakukan pencegahan korupsi sesuai dengan tataran hak dan kewajiban serta kewenangan.
“Kita semua harus berperan aktif membebaskan bangsa ini dari masalah korupsi. Banyak hal yang boleh dilakukan dalam rangka pemberantasan korupsi sebagaimana di amanatkan Undang-Undang Nomor 19 tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK,”kata Fredy, saat dihubungi lewat media sosial WA, Senin (09/12/2019).
Menurutnya, tugas-tugas pencegahan korupsi akan efektif bila bekerja sama dan bersinergi dengan seluruh elemen bàik pemerintah, swasta, kalangan dunia usaha, aparat penegak hukum, tokoh-tokoh agama, adat, pemuda, masyarakat, pendidikan,d an budayawan.
“Semua harus bersatu melakukan upaya pencegahan untuk tidak ada lagi korupsi. Dengan demikian, maka program pembangunan dapat dilaksanakan yang pada akhirnya cita-cita Indonesia yang cerdas, Indonesia yang sejahtera, Indonesia yang adil dan makmur dapat diwujudkan,”tandas mantan Kabag Hukum dan Organisasi Setda Kabupaten Bone Bolango itu.
Sementara itu, pantauan di lokasi peringatan Harkodia tingkat Kabupaten Bone Bolango diawali dengan apel kerja yang dipimpin langsung Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Tanwir Ali, di halaman Kantor Bupati Bone Bolango. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan donor darah oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di ruang lobi Kantor Bupati Bone Bolango. (HumasPro)