BONEBOL – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), terdiri dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Perindagkum), Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP), dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) melakukan pemantauan harga komoditi kebutuhan masyarakat, di Pasar Selasa Oluhuta, Kecamatan Kabila, Selasa (22/5).
Kepala Dinas Perindagkum Bonebol, Basir Noho didampingi Plt. Kepala DPP Roswaty Agus, dan Kepala DKP Fenny Monoarfa, saat memimpin pemantauan itu mengatakan, pemantauan harga komoditi di hari keenam puasa Ramadhan ini, tujuannya adalah TPID ingin memastikan harga komoditi yang dijual di pasar itu terjangkau dan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat.
“Alhamdulillah ketika kami dari TPID melakukan pemantauan di Pasar Selasa Oluhuta Kecamatan Kabila, itu kita mendapati bahwa ternyata ada beberapa komoditi yang harganya mengalami penurunan. Seperti komoditi cabe dan tomat, tapi penurunan ini masih dalam standar harganya,”kata Basir Noho.
Kemudian berdasarkan pemantauan TPID, juga menunjukan bahwa ada ketersediaan pangan dan kebutuhan pokok masyarakat selama Ramadhan masih terjamin. Hanya ada beberapa komoditi yang juga berada di harga yang standar, seperti harga daging, daging ayam dan ikan.
Pada dasarnya, lanjut Basir Noho, melihat ketersediaan komoditi sekarang, Insya Allah masih terjamin dan masih aman untuk kebutuhan masyarakat. TPID sendiri, setiap minggu selama Ramadhan ini akan terus melakukan pemantauan terhadap ketersediaan pangan untuk masyarakat.”Hal ini dalam kaitannya memberikan jaminan dan kepastian harga komoditi yang merupakan kebutuhan masyarakat,”tandas Basir Noho. (Hms/Kadir)