Deretan Pencapaian di HUT ke-17 Bone Bolango
Bagikan
Bone Bolango Dalam Angka

BONEBOL – Hari ini tanggal 27 Januari 2020, 17 tahun sudah Kabupaten Bone Bolango. Apa saja pencapaiannya? Semua bisa terjawab lewat data. Lewat mata, lihat saja Bone Bolango kini, terang dan cemerlang. Masih sanksi? Ini beberapa fakta soal Bone Bolango tentang deretan pencapaianya.
Fakta pertama, hadirnya Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di Bone Bolango. Sekitar 8500 mahasiswanya mulai berkatifitas disini. Efeknya luar biasa. Jalan baypass kini ramai dan itu memiliki efek seperti tsunami, ekonomi tiba-tiba bergeliat, Tilongkabila sebagaimana dicanangkan Bupati 5 tahun silam sebagai daerah pendidikan mulai terasa. Wara-wiri mahasiswa mahasiswi membuat wajah Bone Bolango kian berdinamika.
Ini pencapaian Bupati? Iya. Beliau dari awal kukuh, berjibaku agar UNG di Bone Bolango bisa terealisasi dan itu terjadi. Fakta kedua PAD (Pendapatan Asli Daerah) Bone Bolango bisa naik hampir 100 persen. Mengapa PAD bisa disebut salah satu pencapaian. Lihat saja, PAD Kabupaten Bone Bolango kini mencapai Rp87 miliar padahal 10 tahun silam masih berkisar di angka Rp5 Miliar.
Selanjutnya bicara data yang lain, dikutip dari buku coultural Journey Bonebol Kabupaten Bone Bolango di era kepemimpinan Bupati Hamim Pou dan Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone semakin berkembang pesat.
Pertumbuhan ekonomi selalu terjaga dengan trend kenaikan setiap tahun. Begitu juga dengan perkembangan kehidupan sosialbudaya dan kemasyarakatan yang semakin baik dan menggembirakan, seiring dengan aktivitas pembangunan infrastruktur yang maju pesat.
Sementara kegiatan pemerintahan berjalan dengan kinerja yang tinggi serta pengelolaan keuangan daerah yang sangat baik, bahkan meraih predikat WTP (wajar tanpa pengecualian) selama enam kali berturut-turut. Tak heran kalau ada yang menyebut, prestasi yang ditorehkan Hamim Pou dan Mohamad Kilat Wartabone bersama aparat pemerintahan Bone Bolango, luar biasa!
Selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Bone Bolango berada di atas 6 persen, yang berarti di atas rata-rata nasional (masih sekira 5 persen). Tahun 2018, pertumbuhan ekonomi Bone Bolango mencapai 6,51%, yang terangkum dari data BPS Bone Bolango. Di tahun 2019, meski belum ada data resmi, diperkirakan pertumbuhan ekonomi Bone Bolango mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.
Bahkan bisa menyentuh angka 7%. Kinerja ekonomi yang positif ini, ikut memengaruhi penurunan angka kemiskinan. Ketika kabupaten Bone Bolango awal berdiri, angka kemiskinan mencapai 29,2%, namun seiring dengan perjalanan waktu dan percepatan pembangunan yang terjadi angka kemiskinan menurun hingga 17,4% (pada tahun 2018).
Jumlah pendidikan miskin di Bone Bolango ini merupakan yang terendah dibandingkan lima kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo. Terus menurunnya angka kemiskinan di Bone Bolango memang menjadi salah satu perhatian khusus Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Fokusnya pada pembangunan pertanian dan peternakan, termasuk memberikan bantuan peralatan pertanian yang terkini, bibit/benih, hingga pasokan pupuk, untuk petani/kelompok tani, serta bantuan sapi bagi keluarga miskin.
Selanjutnya, terobosan Bone Bolango di bidang infrastruktur dan Pariwisata. Islamic Center berhasil dibangun, ada stadion kelas nasional yang terus digeber pelaksanaanya. Disektor pariwisata, destinasi wisata ditata dan ditambah, fasilitas dan infrastrukturnya dibenahi, aksesnya dipermudah, serta kemampuan sumberdaya pengelola.
Atraksi wisata diperbanyak dan lebih menarik,bahkan kini Bone Bolango punya 54 event khusus pariwisata sepanjang 2020. Warga Bone Bolango patut bebangga. Diulang tahunnya yang ke-17 Bone Bolango bisa berdiri gagah. Meraih banyak prestasi dengan deretan inovasi.
Bupati Bone Bolango Hamim Pou pernah menyampaikan dalam Paripurna Bone Bolango ke 12 lima tahun silam. Bupati mengajak semua untuk tetap semangat membangun Bone Bolango. Marilah kita jadikan semangat pembentukkan Kabupaten Bone Bolango sebagai motivasi untuk terus berkarya, bekerja, mengukir prestasi dan berkontribusi aktif dalam pembangunan daerah dengan peran dan kemampuan masing-masing.
"Momentum peringatan HUT Bonebol merupakan momentum yang tepat untuk mereflesikan dedikasi kita, memperkuat ikatan dan solidaritas sosial diantara seluruh komponen masyarakat Bone Bolango,”ujar Hamim.
Bupati menambahkan bersama Wakil Bupati mengajak kita semua untuk bersatu senantiasa rukun dan menebarkan kedamaian diantara kita.”Selamat Ulang Tahun ke-17 Bone Bolango. Tetap di depan. Kerja dan maju bersama,”tutup Hamim. (Afik/AKP)

Bagikan