Hari Patriotik Momentum Memberi Semangat Kepada Generasi Muda
Bagikan
Wabup Kilat Wartabone saat menerima bendera pusaka Merah Putih dari KNPI Bone Bolango yang diserahkan oleh Asisten I Taufik Sidiki, di Lapangan Oginawa Desa Boludawa Kecamatan Suwawa, Rabu (22/1/2020). (F.AKP)

BONEBOL – Wakil Bupati Kabupaten Bone Bolango Mohamad Kilat Wartabone menerima bendera pusaka Merah Putih dalam pelaksanaan kirab Hari Patriotik 23 Januari 1942 ke-78 tahun 2020 yang dilakukan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, di Lapangan Oginawa Desa Boludawa Kecamatan Suwawa, Rabu (22/1/2020).
Peserta kirab Hari Patriotik kali ini melibatkan Paskibraka Kabupaten Bone Bolango, dan siswa-siswa SMK Negeri 1 Bulango Selatan dan SMA Negeri 1 Kabila.
Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone didampingi Asisten I Taufik Sisiki mengatakan, peringatan Patriotik 23 Januari 1942 ke-78 ini kita ambil hikmahnya menjadi salah satu momentum untuk memberi semangat kepada generasi muda bahwa di Gorontalo lahir seorang Pahlawan Nasional, yakni H. Nani Wartabone.
Dimana pada saat itu, kata Wabup, Pahlwan Nasional Nani Wartabone telah berjuang memerdekakan rakyat Indoensia di Gorontalo sebelum Hari Kemerdekaan RI tahun 1945, yaitu pada tanggal 23 Januari 1942.
”Pak Nani Wartabone saat itu berjuang bersama-sama dengan masyarakat Gorontalo dengan melibatkan beberapa etnis untuk berjuang mengusir penjajah yang ada di Gorontalo, sehingga terjadilah perjuangan yang heroik, yaitu 23 Januari 1942,”ujar Wabup Kilat Wartabone yang juga selaku cucu dari Pahlawan Nasional Nani Wartabone itu.
Dengan momentum Hari Patriotik 23 Januari 1942 ini, tambah Wabup Kilat Wartabone, tentu harus kita ambil sebagai salah satu momen untuk lebih menambah semangat juang kita, terutama bagaimana mengisi kemerdekaan rakyat Gorontalo, khususnya Bone Bolango agar lebih maju lagi.“Mari kita bangun Bone Bolango dengan kebersamaan dan keakraban yang kuat antara kita,”harap Wabup Kilat Wartabone. (AKP)

Bagikan